Profil Irjen Karyoto yang Kini Jadi Kapolda Metro Jaya

Deputi Penindakan KPK, Karyoto, saat masih menjabat sebagai Wakapolda Daerah Istimewa Yogyakarta
Sumber :
  • Jogja.polri.go.id

VIVA Nasional – Irjen Pol Karyoto baru saja menggantikan Irjen Pol Fadil Imran menjadi Kapolda Metro Jaya. Hal itu lantaran Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) di lingkungan Polri yang salah satunya adalah Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran.  

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Sebelumnya, Irjen Karyoto bertugas sebagai Deputi Penindakan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Keputusan mutasi tersebut tertuang dalam surat telegram rahasia dengan nomor ST/713/III/Kep./2023 tertanggal 27 Maret 2023 yang ditandatangani Wakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Irjen Pol Karyoto pun menjadi sorotan dan banyak dicaritahu oleh publik yang penasaran dengan sosoknya. Berikut ini profil Irjen Karyoto yang kini menjadi Kapolda Metro Jaya. 

Buru Harta Rafael Alun, KPK Serahkan Memori Kasasi

Profil Irjen Karyoto

Mantan Deputi Penindakan KPK Irjen Pol Karyoto menjabat Kapolda Metro Jaya

Photo :
  • KPK
Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Baru-baru ini Irjen Karyoto ditunjuk sebagai Kapolda Metro Jaya karena Irjen Fadil Imran yang naik jabatan menjadi Kabaharkam Polri. Irjen Fadil sendiri menggantikan posisi Komjen Pol Arief Sulistyanto yang telah memasuki masa pensiun.

Sebelum menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto menjabat sebagai Deputi Penindakan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebelumnya lagi, Karyoto lebih dulu menjabat sebagai Wakapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada periode 2019-2020.

Karyoto lulus dari Akpol pada tahun 1990 dan berpengalaman di bidang reserse. Irjen Karyoto tercatat pernah mengemban tugas penting di Polri seperti Pamen Bareskrim Polri, Kapolres Ketapang (2008), Kasubbid Infodata Kominter Set NCB Interpol (2009), Penyidik Utama Tk. II Dit III/Kor Dan WCC Bareskrim Polri (2010). 

Selanjutnya, juga pernah bertugas sebagai Kasubdit III Dittipidkor Bareskrim Polri (2011), Kapolresta Barelang (2012), Dirreskrimum Polda DIY (2014), Analis Kebijakan Madya bidang Pideksus Bareskrim Polri (2015), Direktur Analis Pemutus Jaringan Internasional BNN (2016), Analis Kebijakan Utama bidang Pidkor Bareskrim Polri (2018) hingga Wakapolda Sulawesi Utara (2018).

Mutasi Irjen Fadil dan Irjen Karyoto juga telah dibenarkan oleh Kadiv Humas Polri yakni Irjen Pol Dedi Prasetyo. "Irjen Pol Karyoto, Pati Bareskrim Polri (Penugasan di KPK) diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Metro Jaya," bunyi keterangan dalam surat mutasi yang dikutip, dari VIVA pada Rabu, 29 Maret 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya