Mantan Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta Dimutasi Jadi Kepala STIK Lemdiklat Polri

Mantan Kepala Polisi Daerah Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta
Sumber :
  • Lucky Aditya/VIVA

VIVA Nasional – Staf Ahli Sosial Budaya (Sahlisosbud) Kapolri, Irjen Pol Nico Afinta memiliki jabatan baru. Kini, Irjen Nico ditunjuk untuk menduduki jabatan Kepala Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Mutasi ini diputuskan dalam Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/713/III/KEP./2023 tertanggal 27 Maret 2023 yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

Seperti diketahui, Irjen Nico baru enam bulan menduduki jabatan sebagai Sahlisosbud Kapolri usai dicopot dari jabatannya selaku Kapolda Jawa Timur pada 10 Oktober 2022.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Irjen Pol Nico Afinta

Photo :
  • ANTARA/Didik Suhartono

Nico dicopot dari jabatannya tepat sembilan hari setelah tragedi maut yang menewaskan ratusan suporter Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Kiprah Nico di Korps Bhayangkara terbilang moncer. Nico sempat menduduki jabatan sebagai Wadirreskrimum Polda Metro Jaya pada tahun 2011. Lima tahun kemudian, ia diangkat menjadi Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya. 

Nico juga sempat menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya di tahun 2017 dan melanjutkan karirnya sebagai Karobinopsnal Bareskrim Polri pada 2018 lalu. 

Di Mabes Polri, Nico juga sempat menduduki jabatan sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri pada 2019 hingga akhirnya diangkat sebagai Kapolda Jawa Timur. Ia menjadi Kapolda Jawa Timur menggantikan Irjen Fadil Imran yang diangkat menjadi Kapolda Metro Jaya. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya