Jadi Kabaharkam, Irjen Fadil Harus Bikin Situasi Kamtibmas di Tahun Politik Tetap Sejuk

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan AKP Salim
Sumber :
  • Polda Metro Jaya

VIVA Nasional –  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mempromosikan teman satu angkatannya, Kapolda Metro Jaya Irjen Muhamad Fadil Imran sebagai Kepala Baharkam Polri menggantikan Komisaris Jenderal Arief Sulistyanto. Diketahui, Arief akan masuk masa purna bakti sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Komisioner Kompolnas RI, Poengky Indarti mengatakan mutasi dan rotasi jabatan merupakan kebutuhan organisasi Polri sehingga perlu ada penyegaran, tour of duty dan tour of area. Selain itu, ada yang pensiun dan ada yang menggantikan.

“Kami melihat penempatan pejabat-pejabat tinggi ini disesuaikan dengan keahlian dan pengalaman selama bertugas,” kata Poengky saat dihubungi wartawan pada Kamis, 30 Maret 2023.

Kapolri Sebut Kedewasaan Politik di 2024 Jauh Lebih Baik Dibanding 2019

Ilustrasi hak pilih perempuan dalam pemilu

Photo :
  • ANTARA FOTO/Syaiful Arif

Misalnya, kata Poengky, Irjen Fadil Imran dipilih untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Baharkam Polri menggantikan Komjen Arief yang memasuki masa pensiun. Menurut dia, Irjen Fadil memiliki prestasi yang sangat baik dan pengalaman tugasnya juga di daerah-daerah besar yang kompleks.

Prabowo Lempar Guyon soal Pers: Kadang-kadang Kalian Meresahkan Pimpinan Politik

“Kita melihat pengalaman bertugas Pak Fadil di daerah-daerah besar dengan kompleksitas kamtibmasnya yaitu Jawa Timur dan DKI Jaya berprestasi sangat baik, termasuk mampu menekan COVID-19 di wilayahnya melalui inovasi Kampung Tangguh,” jelas dia.

Ilustrasi logo parpol peserta Pemilu 2024.

Photo :
  • Dok. VIVA

Bukan cuma itu, Poengky mengungkap Irjen Fadil juga mampu mengatasi gangguan kamtibmas yang cukup rumit di wilayah-wilayah tersebut. Sehingga, kata dia, sangat tepat jika Irjen Fadil menjabat Kepala Baharkam Polri.

“Sebagai Kabaharkam, beliau bertanggungjawab mencegah kejahatan melalui tindakan-tindakan preventif - preemtif guna mewujudkan harkamtibmas. Sehingga, diharapkan di tahun-tahun politik ini situasi kamtibmas Indonesia tetap sejuk,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya