Komjen Andap: Waspada Calo Seleksi Calon Taruna Pemasyarakatan dan Imigrasi 2023

Sekjen Kemenkumham, Komjen. Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H
Sumber :
  • Kemenkumham

VIVA NasionalKementerian Hukum dan HAM kembali membuka pendaftaran sekolah kedinasan Politeknik Imigrasi (Poltekim) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) tahun 2023. Untuk mengetahui informasi tersebut, pengumuman penerimaan telah dimuat dalam laman website https://catar.kemenkumham.go.id.

IP Podcast Meriahkan Hari KI Sedunia Tahun 2024 di 33 Provinsi

Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Komisaris Jenderal Polisi Andap Budhi Revianto mengatakan jumlah formasi yang ditetapkan adalah sebanyak 525 taruna/taruni untuk umum dan 85 taruna/taruni formasi untuk pegawai Papua/Papua Barat.

Ilustrasi tes CPNS.

Photo :
  • Unsplash
Imigrasi Bali Tahan Paspor Hyoyeon Girls Generation, Bomi Apink hingga I.O.I Im Nayoung

“Sebanyak 525 taruna/taruni formasi umum terbagi ke dalam 300 taruna/taruni untuk Poltekim, dan 225 taruna/taruni untuk Poltekip. Begitu pula dengan 85 taruna/taruni formasi pegawai yang dirinci ke dalam 10 taruna/taruni Poltekim, dan 75 taruna/taruni Poltekip,” kata Andap melalui keterangannya pada Kamis, 30 Maret 2023.

Menurut dia, formasi umum dan pegawai terbuka bagi seluruh warga negara Indonesia tentunya sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan. Tentu, pelamar hanya boleh memilih satu pilihan sekolah kedinasan. Jika lebih dari itu, maka secara otomatis dinyatakan gugur.

MIC Kembali Hadir Meriahkan Hari KI Sedunia Ke-24 Tahun 2024

Komjen Pol Andap Budhi Revianto dilantik jadi Sekjen Kemenkumham

Photo :
  • Istimewa

“Pelamar wajib melakukan pendaftaran secara online melalui laman https://dikdin.bkn.go.id dan mengunggah dokumen yang dipersyaratkan dalam jangka waktu yang telah ditentukan,” ujar perwira tinggi Polri berpangkat jenderal bintang tiga ini.

Sekjen Kemenkumham, Komjen. Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H

Photo :
  • Kemenkumham

Ia mengatakan pendaftaran penerimaan taruna/taruni agar bersih ini dibuka gratis dan menjunjung tinggi transparansi, makanya dilakukan secara online seluruh layanan informasi untuk menghindari terjadinya kecurangan serta komunikasi tatap muka antarpelamar dan penyelenggara.

“Selama berjalannya proses seleksi, pihak pelamar tidak boleh berkomunikasi dengan panitia. Namun, panitia melayani permohonan informasi dan pengaduan terkait pelaksanaan seleksi melalui aplikasi SIAP (Sistem Informasi dan Pengaduan) Kumham dan media sosial. Proses seleksi akan dilakukan secara transparan dan akuntabel,” ujarnya.

Maka dari itu, Andap mengingatkan masyarakat tidak perlu percaya terhadap oknum-oknum yang memberikan janji atau menawarkan jasa bantuan dengan imbalan supaya bisa lulus. Sebaiknya, kata dia, laporkan segera kepada Kementerian Hukum dan HAM melalui aplikasi.

“Jangan percaya jika ada orang atau oknum yang menawarkan jasa bantuan dengan imbalan tertentu supaya bisa lulus. Laporkan segera pada kami melalui aplikasi yang ada jika terdapat kecurangan atau indikasi transaksi,” jelas dia.

Disamping itu, ia mengimbau agar setiap peserta memperhatikan dengan teliti persyaratan yang telah diumumkan panitia agar tidak melakukan kekeliruan dalam mengikuti tahapan-tahapan seleksi taruna/taruni ini. Karena, kesalahan prosedur akan merugikan pelamar itu sendiri.

“Manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, persiapkan diri secara maksimal dan teliti serta ikuti prosedur yang ada. Jangan sampai karena hal sepele, menjadi gugur dan upaya mendaftar jadi sia-sia,” ucapnya.

Untuk menghindari tindakan penyalahgunaan atau penipuan, Andap meminta agar masyarakat hanya mengakses informasi dari laman-laman resmi milik Kemenkumham. Jadwal seleksi dimulai sejak pengumuman pada 29 Maret 2023.

Kemudian, pendaftaran online dan unggah dokumen pada 1-30 April 2023. Peserta yang lulus seleksi administrasi kemudian akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar, Tes Psikotes, Tes Kesehatan, Tes Kesamaptaan, Tes Wawancara dan Pengamatan Fisik, hingga pengumuman kelulusan akhir pada Oktober 2023. 

Pengumuman penerimaan taruna/taruni sekolah kedinasan Poltekim/Poltekip dapat diunduh dalam laman website https://catar.kemenkumham.go.id serta akun Instagram @catar.kumham dan akun Twitter @catarkumham. “Waspada dan hati-hati terhadap berbagai informasi yang ada. Selalu merujuk laman resmi kami,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya