Polri Siapkan Kader Terbaik Gantikan Irjen Karyoto Jadi Deputi Penindakan KPK

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan
Sumber :
  • dok Polri

VIVA Nasional – Polri tengah menyiapkan sosok anggota untuk mengisi jabatan Deputi Penindakan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Posisi Deputi Penindakan itu kosong usai ditinggalkan Irjen Karyoto

Kejagung Pastikan Kasus yang Ditangani Jalan Terus Meski Ada Insiden Jampidsus Dikuntit Densus

"Saat ini salah satu jabatan strategis Deputi Penindakan di KPK sedang kosong dan Polri sedang menyiapkan kader-kader terbaik untuk mengisi kekosongan tersebut sebagai komitmen Polri terhadap giat pemberantasan korupsi," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Senin, 3 April 2023.

Adapun Irjen Karyoto resmi meninggalkan posisi Direktur Penindakan KPK usai dilantik sebagai Kapolda Metro Jaya pada Jumat, 31 Maret 2023. 

Sementara itu, KPK telah menunjuk Asep Guntur untuk menjadi pelaksana tugas (plt) Deputi Penindakan menggantikan Irjen Karyoto. 

Istri SYL Klaim Dimarahi Kalau Koleksi Tas Mewah: Mau Bikin Sayur Apa?

"Informasi yang kami peroleh, betul Pak Asep Guntur Rahayu selaku Direktur Penyidikan sementara ini merangkap juga sebagai Plt. Deputi Penindakan dan Eksekusi," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Sabtu, 1 April 2023.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto di Gedung Rupatama Mabes Polri.

Photo :
  • Viva.co.id/ Yeni Lestari

Ali mengatakan Asep akan menjabat sebagai Plt. Deputi Bidang Penindakan hingga pejabat definitifnya terpilih melalui mekanisme seleksi.

Menurut informasi yang dihimpun, Brigjen Pol. Asep Guntur Rahayu adalah alumnus Akademi Kepolisian tahun 1996. Karier Asep di KPK dimulai pada 2007, saat lembaga antirasuah tersebut dipimpin oleh Antasari Azhar. Pada 2012, Asep kembali bertugas ke Polri dan pada 2013 ditugaskan di Direktorat Tindak Pidana Korupsi Mabes Polri.

Pada 2015, Asep Guntur dilantik sebagai kepala Polres Cianjur dan pada 2017 ditugaskan menjadi wakil kepala Polres Jakarta Pusat dan kemudian diangkat menjadi Kepala Bagian Penkopeten Biro Pembinaan Karier SSDM Polri.

Asep kemudian kembali bertugas di KPK dengan jabatan sebagai Direktur Penyidikan menggantikan Brigjen Pol. Setyo Budiyanto yang menjadi Kepala Polda Nusa Tenggara Timur.

Kemudian pada 2023, Asep Guntur ditunjuk sebagai Plt. Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK yang ditinggalkan Irjen Pol. Karyoto. Irjen Pol. Karyoto ditunjuk sebagai Kepala Polda Metro Jaya menggantikan Irjen Pol. Fadil Imran yang diangkat sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya