BMKG: Hujan Deras Berpotensi Landa NTT Akibat Aktifnya Gelombang Rossby

Ilustrasi - Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kota Kupang, NTT.
Sumber :
  • ANTARA/Aloysius Lewokeda.

VIVA Nasional – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga agar mewaspadai hujan sedang hingga deras yang berpeluang melanda wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) akibat aktifnya gelombang equatorial Rossby di provinsi setempat.

Sang Istri Diduga Selingkuh dengan Pastor, Suami: Dia dan Romo Tidur dalam Satu Selimut

"Terdapat belokan dan pertemuan angin di NTT dan aktifnya gelombang equatorial Rossby yang mempengaruhi cuaca NTT berupa potensi hujan sedang hingga deras," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG Agung Sudiono Abadi di Kupang, Rabu, 5 April 2023.

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan peringatan dini cuaca di wilayah NTT yang berlaku 5-6 April. Agung menjelaskan potensi hujan sedang hingga deras didukung pula dengan suhu permukaan laut yang cukup hangat, kelembaban yang cukup basah, serta labilitas lokal yang kuat.

Pensiun dari Polri, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi Ingin Jadi Lurah

Ilustrasi hujan

Photo :
  • VIVA/Satria Zulfikar

Ia menyebutkan sejumlah daerah yang berpotensi terdampak cuaca antara lain Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Belu, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya.

Panas Ekstrem Hingga 45 Derajat Celcius, Filipina dan Bangladesh Tutup Ribuan Sekolah

Selain itu Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Flores Timur, dan Lembata.

Agung mengimbau warga di wilayah-wilayah berpotensi terdampak hujan agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor.

"Potensi hujan sedang hingga deras juga dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat sehingga perlu diwaspadai warga juga," katanya.

Warga yang tinggal di wilayah dengan topografi curam atau tebing, kata dia, patut lebih waspada dan memastikan bisa segera mengevakuasi diri secara mandiri ke tempat yang aman ketika terjadi hujan dengan durasi waktu lebih dari satu jam, serta jarak pandang objek sekitar 30 meter tidak lagi terlihat dengan jelas.

Agung juga menyarankan warga agar terus mengikuti perkembangan informasi cuaca dari BMKG untuk mengantisipasi potensi ancaman bencana dengan melakukan langkah mitigasi yang diperlukan. (Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya