Kepala RS Salak Pastikan Tidak Ada Korban dalam Insiden Kebakaran

Kebakaran Rumah Sakit Salak Bogor, Jawa Barat
Sumber :
  • Muhammad AR (Bogor)

VIVA Nasional – Kepala Rumah Sakit (Karumkit) TK III Salak, Bogor Denkesyah Bogor, Letkol Ckm (K) dr. Nanik Prasetyoningsih, Sp.Pk.,M.H.,M.A.R.S memastikan tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam insiden kebakaran hebat yang terjadi tadi siang, Jumat 7 April 2023. Kebakaran menghanguskan sebagian besar bagian depan yang merupakan bangunan cagar budaya.

Parto Patrio Terbaring Lemah di RS Usai Operasi, Istri: Patah Hati Aku

"Untuk kondisi di Ma Denkes (Markas Detasemen Kesehatan) Bogor yang merupakan salah satu cagar budaya di wilayah Bogor di mana itu merupakan bangunan yang memang akan dilakukan renovasi, karena bangunan sudah lama. Tidak merubah bentuknya," kata dr Nanik di lokasi.

Lanjutnya menjelaskan, adapun rumah sakit dengan Denkes bersebelahan sehingga ada bagian staf salah satu ruang farmasi yang terdampak. Namun tidak ada ruang perawatan, tidak ada pasien yang di rawat.

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

Rumah Sakit Salak, Bogor, kebakaran

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR

"Tidak ada yang dirawat di situ, dan pada saat ini pasien aman korban jiwa nihil. Sehingga semua aspek pelayanan rumah sakit dapat terlaksana dengan baik. IGD aman, kemudian ruang perawatan anak, bayi, orang tua, ruang operasi aman. Karena berberbeda sisi dengan Denkes," jelasnya.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Hasil penelusuran, kata dokter Nanik, api berasal dari titik yang sedang kita tindak lanjuti dari bagunan yang lama yang ada di MaDenkes. Di mana stukturnya bangunan sudah tua, dan aliran-aliran listriknya sedang dicek. Semeentara untuk lokasi kebakaran sendiri adalah ruang Medical Check Up dan Apotek. Dan kebutuhan obat-obatan akan dibantu oleh Dinas Kesehatan Kota Bogor.
 
"(Farmasi obat-obatan bagaimana?) Obat-obatan kami berterimakasih kepada bapak walikota akan dibantu oleh dinas kesehatan karena satu yang terdampak adalah hanya ruang farmasi rumah sakit salak.  Namun untuk ruang perawatan aman karena berbeda lokasi, dan untuk ruangan pelayanan juga aman, untuk kamar operasi pun aman, untuk IGD pun aman karena beda tempat.

Jadi hari ini hari libur tidak ada petugas yang berdinas kecuali di ruang farmasi sekitar 3, 4 orang tetapi aman," katanya.

Dokter Nanik memastikan, pasien tidak terdampak kebakaran. "Pasien aman tidak ada yang terdampak, petugas aman tidak ada yang terdampak, obat-obatan masih ada, namun kami akan dibantu oleh walikota melalui Kadinkes. Dan kedepan pembangunannya akan di bantu oleh bapak walikota karena Kadenkes Bogor merupakan salah satu cagar budaya. Adapun rumah sakit bersebelahan. Terimakasih atas kerjasamanya. Demian terima kasih," katanya.

Pihak Rumah sakit berterimakasih kepada smeua pihak yang meluangkan waktu dalam penanganan kebakaran yang terjadi di RS Salak, termasuk Walikota, Danrem Dandim serta Kapolres.

"Alhamdulillah teratasi kami mengucapkan terima kasih kepada bapak walikot a, bapak danrem, dandim dan bapak Kapolres serta seluruh pihak yang membantu di sini kepala rumah sakit dan Denkes Bogor mengucapkan terima kasih," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya