Tebing Objek wisata Ngarai Sianok Longsor Akibat Gempa Magnitudo 4,5

Ilustrasi Ngarai Sianok, Bukittinggi, Sumatera Barat.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Nasional - Gempa bumi magnitudo 4,5 menggetarkan tanah Bukittinggi, Sumatera Barat, Sabtu 8 April 2023 pukul 12.21 WIB. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas 1 Padang Panjang, gempa bumi ini berlokasi di 0.30 Lintang Selatan dan 100.28 Bujur Timur atau tepatnya di 9 kilometer Barat Laut kota Bukittinggi dengan kedalaman 10 kilometer.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bukittinggi, Ibentaro Samudra menyebut, gempa bumi ini tidak menimbulkan kerusakan. Namun, berdasarkan laporan yang masuk, gerakan tanah atau longsor terjadi tebing objek wisata Ngarai Sianok.

Ilustrasi titik gempa.

Photo :
  • BMKG
Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

 
Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

"Ya, terjadi longsor. Tapi tidak begitu banyak materialnya. Tidak ada korban jiwa," kata Ibentaro Samudra, Sabtu 8 April 2023.

Dijelaskan Ibentaro Samudra, posisi atau lokasi longsoran akibat gempa bumi mgnitudo 4,5 ini berada persis setelah jembatan. Laporan yang masuk, saat kejadian longsor ada pengendara yang melintas. Namun, selamat. Dengan demikian, dipastikan tidak ada korban jiwa. Dari hasil laporan anggota, kondisi saat ini aman.

Ngarai Sianok

Photo :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah

Diketahui, sejak Jumat kemarin aktivitas kegempaan di Kota Bukittinggi mengalami peningkatan. Hingga pukul 13.34 WIB hari ini, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya enam kali aktivitas kegempaan. Dengan demikian, sejak kemarin. sudah tercatat tujuh kali kejadian gempa bumi yang menggetarkan tanah Bukittinggi dengan magnitudo beragam.
 

Ketiga jasad korban longsor disemayamkan di rumah duka

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Ketiga korban longsor langsung disemayamkan di rumah duka sanak saudaranya. 

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024