Apresiasi KSAD, DPR: Inisiasi Positif Beri Penghargaan ke Keluarga Pahlawan Revolusi

KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman usai Rapat Pimpinan TNI AD Tahun Anggaran 2023 di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Jumat, 10 Februri 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Melalusa Susthira K

VIVA Nasional - Cara Kepala Staf TNI Angkatan Darat (AD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang memberangkan keluarga Pahlawan Revolusi untuk ibadah umrah dapat apresiasi. Dari Komisi I DPR, langkah Dudung sebagai inisiasi positif.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PKB Taufiq R Abdullah menyebut selain inisiasi positif, langkah Dudung juga bisa jadi contoh yang baik.

“Ini sebuah inisiatif yang sangat positif dan patut diteladan dengan (KSAD Dudung) memberikan penghargaan kepada pahlawan revolusi," kata Taufiq kepada wartawan, Sabtu, 8 April 2023.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Bagi dia, memberangkatkan umroh keluarga pahlawan revolusi sebagai terobosan luar biasa Jenderal Dudung selaku pucuk pimpinan TNI AD. Menurut dia, Dudung dianggap menghargai pahlawan revolusi dan keluarganya. 

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

“ini juga sebagai bentuk kepedulian negara. Dan KSAD mewakili negara dalam upaya memberikan penghargaan terhadap keluarga pahlawan. Tentu ini penghargaan kepada pahlawan itu sendiri,” jelas Dudung.

Dudung sebelumnya memberangkatkan umroh putera-puteri dari Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda) Anumerta Karel Sadsuitubun atau KS Tubun. KS Tubun merupakan pahlawan revolusi yang berasal dari Polri. 

Untuk diketahui dua putera dari Aipda Anumerta Karel Sadsuitubun yang ikut ibadah umrah bersama KSAD, yakni Linus Suprapto dan Petrus Indro Waluyo. Kedua putra KS Tubun ini merupakan mualaf dan belum pernah menjalankan ibadah umrah ke Tanah Suci sebelumnya.

KSAD Jenderal Dudung Abdurachman di UGM, Yogyakarta.

Photo :
  • Ist dokumen Humas UGM

“Tidak apa-apa yang penting itu bagus. Itu kan ibadah manfatnya. Itu untuk kepentingan nasional, memberikan penghargaan kepada pahlawan revolusi,” ujar Taufiq.

Adapun KSAD Dudung mengaku telah menjalankan ibadah umroh bersama keluarga KS Tubun, salah satu pahlawan revolusi. Menurut dia, langkah tersebut jadi salah satu bagian bahwa putra-putri pahlawan revolusi maupun pahlawan nasional tetap bagian dari TNI AD.

Dudung menegaskan jangan sampai pengorbanan yang dilakukan Pahlawan Revolusi untuk negara dilupakan.

"Jadi, jangan sampai pengorbanan-pengorbanan yang sudah dilakukan orang tuanya kita lupakan," kata Dudung.

Dudung melontarkan rencana memberangkatkan keluarga Pahlawan Revolusi untuk umrah disampaikan sejak pertengahan Februari 2023. Saat itu, Dudung silaturahmi dengan keluara Pahlawan Revolusi di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Kamis, 16 Februari 2023.

"Pada kesempatan yang baik ini, tidak terlalu berlebihan mungkin dari putra-putri pahlawan revolusi yang berkeinginan untuk umrah, nanti akan saya fasilitasi," kata Dudung. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya