LSI: Public Trust Kejagung Tetap Tertinggi di Antara Lembaga Hukum dalam Setahun Terakhir

Jaksa Agung ST Burhanuddin
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis temuan terbarunya terkait peta politik terkini hingga kepercayaan publik terhadap lembaga penegakan hukum. Dari temuan LSI dilaporkan Kejaksaan Agung jadi lembaga penegak hukum yang dapat kepercayaan publik atau public trust teratas.

Dewas KPK Ungkap Penyalahgunaan Wewenang Nurul Ghufron: Diminta Mutasi PNS Kementan ke Jawa

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menjelaskan Kejaksaan Agung atau Kejagung di bawah pimpinan ST Burhanuddin terus dapat kepercayaan publik dengan masih menempati posisi pertama di antara lembaga penegak hukum lainnya.

Menurut Djayadi, Kejagung konsisten berada di posisi teratas dalam setahun terakhir ini. Dia mengatakan, jika temuan Februari 2023, angkanya baru menyentuh 68 persen, kini memasuki April meningkat jadi 69 persen.  

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Kami Siap Berantas Korupsi

“Ini menempatkan Kejaksaan Agung tetap tertinggi di antara lembaga penegak hukum lain dalam satu tahun terakhir,” kata Djayadi saat paparannya secara virtual, Minggu, 9 April 2023.

Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Fadil Zumhana

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Pilgub Jateng 2024, Survei: Elektabilitas Sudaryono Moncer Dinggap Bisa Bawa Perubahan

Dia mengatakan, dulu Kejagung biasanya berada di posisi paling bawah di bawah KPK dan Polri. Namun, Kejagung kini konsisten berada di atas Pengadilan, KPK dan Polri.

Djayadi menyampaikan, saat periode yang sama, KPK sekadar dapat 64 persen. Sementara, Polri di bawah KPK dengan 63 persen. 

“Temuan ini kembali menempatkan Kejaksaan dengan tingkat kepercayaan tertinggi di antara lembaga penegak hukum lain,” tutur Djayadi. 

Namun, ia menjelaskan, terkait tren survei kepercayaan publik terhadap kinerja lembaga, secara umum cenderung stabil atau mengalami penurunan. Tapi, berbeda untuk Kepolisian, pengadilan, dan Kejagung.

“Secara umum kepercayaan terhadap lembaga penegak hukum mengalami peningkatan, kecuali KPK,” ujar Djayadi. 

Kemudian, Djayadi menjelaskan, tingginya kepercayaan publik terhadap Kejagung karena berkaitan dengan penegakan hukum. Dalam aspek ini, Kejagung berada di posisi tertinggi, dengan tingkat kepercayaan mencapai 72 persen.

Adapun survei terbaru LSI ini dilakukan dalam kurun waktu 31 Maret hingga 4 April 2023. Sebanyak 1.229 responden dilibatkan melalui sambungan telepon. 

Jajak pendapat LSI ini memiliki margin of error ±2,9 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.  Target populasi survei  adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah
menikah.

Lalu, pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik
memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya