Kelompok Separatis Teroris Papua Bakar Honai Warga Intan Jaya dan Tuduh TNI

Tampak terlihat asap Honai yang terbakar.
Sumber :
  • VIVA/ Aman Hasibuan.

VIVA Nasional – Gerombolan Kelompok Separatis Teroris (KST) membakar Honai atau rumah khas warga Papua di Kampung Mbamonggo, Distrik Agisiga Kabupaten Intan Jaya, Selasa, 11 April 2023.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Tak puas dengan membakar honai warga Intan Jaya, KST itu kembali menyebar hoaks atau berita bohong sekaligus fitnah. Mereka menebar berita bahwa pelaku pembakar Honai tersebut adalah prajurit TNI, padahal mereka  sendiri yang membakarnya.

"Modus dan praktek seperti itu memang identik ulah teroris. Sudah pantas masyarakat resah dan mulai berani melaporkan kepada aparat keamanan tentang ulah pembakaran honai warga," tegas Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, Rabu, 12 April 2023.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Hoaks yang disebar Kelompok Separatis Teroris (KST) di Papua.

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan/Dok. Penerangan Kodam Cenderawasih

Ia menegaskan, penegakan hukum akan terus dilakukan oleh aparat TNI Polri, termasuk melindungi dan menyelamatkan masyarakat dari teror serta intimidasi KST. Lokasi pembakaran Honai oleh KST berada di Kampung Mbamoggo. Setelah membakar, kemudian mereka meninggalkan lokasi tersebut.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Kolonel Kav Herman menyampaikan, saat pihaknya mengetahui adanya pembakaran honai, dengan sigap personel TNI dari Satgas YPR 305/Tengkorak melakukan pengecekan di sekitar lokasi pembakaran. Ditemukan barang-barang bukti milik KST berupa Senapan Angin, beberapa butir munisi, bendera bintang kejora dan teropong siang.

"Saat ini aparat TNI sedang melakukan siaga mengantisipasi pembakaran Honai, sekaligus untuk melindungi masyarakat yang berada di sekitar perkampungan tersebut," tutup Kolonel Kav Herman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya