KPK Kembali Panggil Dito Mahendra Soal TPPU Sekertaris MA Nurhadi

Juru Bicara KPK Ali Fikri
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA Nasional – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan pemanggilan terhadap Dito Mahendra sebagai saksi terkait kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) di lingkup Mahkamah Agung (MA). Adapun tersangka kasus TPPU itu menjerat Sekertaris MA Nurhadi.

Alasan Nurul Ghufron Gugat Dewas KPK ke PTUN dan MA

Pemeriksaan saksi Dito itu rencananya akan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Setiabudi, Jakarta Selatan.

"Hari ini bertempat di gedung Merah Putih KPK, Tim Penyidik kembali menjadwalkan pemanggilan saksi, Mahendra Dito S," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri kepada wartawan, Kamis 13 April 2023.

TPPU Pakai Aset Kripto Ditegaskan Mudah Dilacak, Ini Penjelasan Indodax

Dito Mahendra usai diperiksa KPK

Photo :
  • VIVA/Edwin Firdaus

Sebagaimana diketahui, Dito Mahendra telah mangkir saat KPK melakukan pemanggilan awal pada pekan lalu. Ia memastikan jika Dito kembali tidak dapat hadir untuk menjalani proses pemeriksaan sebagai saksi, maka akan dijemput paksa.

Mayat Pria Telanjang Ditemukan Ngambang di Kali Tanah Abang

"KPK juga dapat menjemput paksa terhadap saksi dimaksud bila kemudian kembali mangkir dari panggilan tim penyidik kpk," kata Ali.

Kemudian, Ali Fikri mengatakan bahwa saat melakukan penggeledahan di rumah Dito Mahendra tim penyidik KPK berhasil menemukan 15 pucuk senjata api. Dari belasan senjata api yang diketemukan oleh tim penyidik ada delapan unit senjata api berlaras panjang.

Kemudian, Ali pun menegaskan akan melakukan penelusuran terhadap kepemilikan belasan senjata api yang ditemukan di rumah Dito Mahendra itu.

"Dalam geledah tersebut benar tim menemukan 15 pucuk senjata api berbagai jenis. 5 pistol berjenis glock satu pistol S&W satu pistol Kimber Micro serta 8 senjata api laras panjang," ujar Ali Fikri di gedung merah putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan pada Jumat 17 Maret 2023.

"Tentu KPK akan dalami lebih lanjut kepemilikan senjata api tersebut termasuk apakah ada kaitan dengan dugaan tppu yang saat ini KPK sedang lakukan. Karena kita tahu modus tppu saat ini begitu kompleks," lanjutnya.

Kemudian, Ali juga menjelaskan bahwa Dito Mahendra ini masih tengah diselidiki keterlibatannya dalam kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) eks Sekertaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi.

"Bisa jadi membelanjakan menyamarkan menyembunyikan asal usul dari hasil tindak pidana korupsi sebagai predikat crime nya sebagai tindak pidana asalnya yang menjadi kewenangan KPK saat ini," ucap Ali.

Rumah Dito Mahendra digeledah KPK

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Selanjutnya, setelah menemukan belasan senjata api di rumah Dito Mahendra, kata Ali, KPK pun langsung akan berkoordinasi dengan polri.

"Langkah kpk saat ini tentu sudah berkoordinasi dengan pihak Polri terkait dengan temuan senjata tadi 15 pucuk senjata yang ditemukan di tempat penggeledahan tadi," tutur Ali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya