Sindir Firli Bahuri, Novel: Orang yang Serang KPK dari Dalam, Hidupnya Dibiayai Koruptor

EKs penyidik Senior KPK Novel Baswedan (tengah).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA Nasional - Mantan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan kembali melontarkan sindiran keras terhadap Ketua KPK Firli Bahuri. Sosok Firli belakangan jadi perhatian karena pernah didemo sejumlah elemen masyarakat seperti mahasiswa, mantan pimpinan KPK, hingga mantan pegawai KPK.

Tokoh Agama Papua: Jangan Ikut Ajakan Sesat Aksi Demo 1 Mei, Pihak Tidak Bertanggungjawab

Dalam aksi demo itu, elemen masyarakat itu meminta Firli agar mundur. Pun, dalam sebuah pemberitaan, Firli menyebut aksi demo yang menyerang personal dirinya dibiayai koruptor

Namun, omongan Firli itu direspons Novel Baswedan. Bagi dia, justru menyebut Firli Bahuri lah yang merusak internal KPK dari dalam.

Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi

"Orang yang menyerang KPK dari dalam, bahkan berhasil membuat kerusakan yang besar pasti hidupnya dibiayai oleh koruptor yang sangat besar," kata Novel Baswedan melalui cuitan di akun Twitter miliknya, Jumat, 14 April 2023. 

Ketua KPK Firli Bahuri

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas

Belakangan ini, Firli di demo sejumlah pihak sebab diduga membocorkan dokumen penyelidikan KPK di Kementerian ESDM. Selain itu, Firli juga dinilai sewenang-wenang telah memecat Bigjen Endar Priantoro dari jabatan Direktur Penyelidikan KPK.

Pemberhentian Brigjen Endar itu juga jadi sorotan publik. Bahkan, Brigjen Endar yang tak terima dicopot berupaya melawan dengan rencana menggugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Terkait aksi demo terhadapnya, menurut Firli, hal itu adalah risiko dari upaya pemberantasan korupsi. Ia menduga, demo itu didalangi oleh koruptor.

“Tekad memberantas korupsi pasti banyak serangan oleh para koruptor, orang yang mendapat uang dari koruptor, orang yang hidupnya dibiayai oleh koruptor pasti mereka akan menyerang kami KPK,” kata Firli Bahuri, Rabu, 12 April 2023.

Firli berhadap, masyarakat tetap mendukung upaya mewujudkan Indonesia bebas dari korupsi terus berjalan dengan mendoakan seluruh insan KPK diberikan kesehatan dan keselamatan. "Kami seluruh insan KPK tidak akan berhenti memberantas korupsi,” ujar Firli.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya