Promosikan Pansela untuk Mudik, Menteri PUPR: Instagrammable Lewat Jalur Ini

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.
Sumber :
  • M Yudha P / VIVA.co.id

VIVA Nasional - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan Jalan Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa sebagai jalur alternatif bagi para pemudik Lebaran tahun ini. Jalan tersebut berada di samping Jalan Tol Trans Jawa, Jalan Lintas Pantai Utara (Pantura), dan Lintas Tengah Pulau Jawa. 

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan selain kondisi jalan yang bagus, para pemudik nanti dapat menikmati pemandangan sepanjang jalur Pansela. Beberapa titik terdapat banyak lokasi pariwisata.  

"Kementerian PUPR terus persiapkan infrastruktur untuk mendukung mudik Lebaran 2023 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, mengingat antusiasme pemudik yang sangat tinggi setelah tidak ada kebijakan pembatasan selama Pandemi COVID-19," kata Basuki, dalam keterangan, Selasa, 18 April 2023. 

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Dia mengatakan jalur lintas Pansela diharapkan bisa jadi alternatif bagi para pemudik. Dengan demikian, beban lalu lintas bisa terbagi dan tak menumpuk di Jalan Tol atau Lintas Pantura dan Lintas Tengah Jawa. 

"Untuk itu saya ajak masyarakat memanfaatkan Jalan Pansela ini. Jalan dengan pemandangan yang indah yang melewati banyak tempat lokasi wisata pantai," tutur Basuki.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Dia mempromosikan jalur Pansela punya pemandangan yang indah.

"Indah dan instagrammable, bagi yang lewat jalur ini mudah-mudahan liburan Lebaran menjadi memorable dengan keluarga,” ujarnya. 

Dia menambahkan untuk mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik pihaknya sudah menyiapkan Posko Mudik Sapta Taruna di Jalur Pansela mulai dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta hingga Jawa Timur. 

Adapun posko yang telah disiapkan sebanyak 503 posko dengan masing-masing dilengkapi petugas jaga. Selain itu, ada peralatan tanggap darurat seperti dump truk tiga unit, mobil pick up satu unit, stamper satu unit, jack hammer satu unit, dan backhoe loader satu unit. 

Lokasi posko mudik lebaran Kementerian PUPR di antaranya berada Jalan Raya Cijulang – Green Canyon ruas Jalan Cimerak- Batas Kota Pangandaran (Pansela wilayah Jawa Barat), Jalan Daendels, Sawah, Depokrejo, Kabupaten Purworejo (Pansela wilayah Jawa Tengah), Ruas Tepus - Jerukwudel Kabupaten Gunung Kidul (Pansela Wilayah DI Yogyakarta). 

Deretan posko tersebut akan menyediakan informasi tentang Pansela, dan fasilitas untuk istirahat seperti toilet dan musala. Posko ini juga untuk antisipasi jika ada kejadian bencana. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya