Eks Ketua Komisi Yudisial, Jaja Ahmad Jayus Meninggal Dunia Usai Tragedi Pembacokan

Mantan Ketua Komisi Yudisial, Jaja Ahmad Jayus
Sumber :
  • Dokumentasi Pribadi

VIVA Nasional – Kabar duka datang dari keluarga besar Komisi Yudisial (KY) pada hari ini Jumat, 21 April 2023. Sebab, mantan Ketua Komisi Yudisial Paruh II Periode Juli 2018-Desember 2020, Jaja Ahmad Jayus tutup usia.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

"Keluarga besar Komisi Yudisial sangat berbelasungkawa atas kepergian Pak Jaja," kata Juru Bicara Komisi Yudisial Miko Ginting dalam keterangannya Jumat, 21 April 2023.

Miko mengatakan, keluarga besar KY mendoakan yang terbaik kepada almarhum karena telah berpulang ke sisi-Nya.

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Ketua Komisi Yudisial, Jaja Ahmad Jayus

Photo :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

"Semoga keluarga diberi kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi kedukaan ini," imbuhnya.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Sebelumnya, Kepala Polresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo menyebut mantan ketua Komisi Yudisial (KY) Jaja Ahmad Jayus dibacok sesaat setelah memarkir mobil ketika tiba di rumahnya, Selasa, 28 Maret 2023. Rumah Jaja berada di Komplek Perumahan Griya Bandung Asri, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Menurut Kusworo, pelaku diduga telah mengikuti Jaja sebelum tiba di rumahnya. "Tersangka diduga sudah menunggu korban saat tiba di rumah. Seketika korban masuk ke dalam rumah, dan memarkir kendaraannya, tersangka mendekati dan melakukan penyerangan, melakukan pembacokan terhadap korban," kata Kusworo saat ditemui di lokasi.

Dikutip VIVA dari laman Komisi Yudisial, Jumat 21 April 2023, Sebelum terpilih menjadi Anggota Komisi Yudisial (KY) untuk dua periode, yaitu tahun 2010-2015 dan tahun 2015-2020,  Jaja memulai kariernya sebagai dosen sejak tahun 1990. Jabatan terakhirnya adalah Dekan Fakultas Hukum Universitas Pasundan (Unpas), Bandung periode 2009-2011. 

Pendidikan S-1 diperolehnya dari Fakultas Hukum Unpas, Jurusan Hukum Keperdataan pada tahun 1989. Selanjutnya, gelar Magister Hukum diraihnya pada tahun 2001 dari Universitas Khatolik Parahyangan, Bandung. Suami dari N. Ike Kusmiati telah memperoleh gelar doktor yang diperolehnya dari Universitas Padjajaran, Bandung pada tahun 2007 silam. 

Mantan Ketua Komisi Yudisial, Jaja Ahmad Jayus

Photo :
  • Dokumentasi Pribadi

Kiprah dan dedikasi ayah tiga orang anak sebagai dosen mendapatkan pengakuan dari berbagai institusi pendidikan. Misalnya, pada tahun 1995 terpilih Dosen Teladan III Kopertis IV Jawa Barat.

Selain sebagai dosen, pria yang memiliki hobi melakukan penelitian dan olahraga ini  juga pernah menjadi Direktur Lembaga Riset PT Pusham Mandiri di tahun 2007, Assesor BAN PT untuk program Sarjana pada tahun 2008-2011, dan sebagai Advokat dari tahun 1993.

Dalam upaya meningkatkan kemampuan diri, pemilik motto hidup “Jangan pernah berhenti berfikir dan berinovasi dalam mendorong peradilan yang bermartabat, bersih dan akuntabel” ini seringkali mengikuti berbagai pelatihan baik sebagai peserta maupun narasumber. Ia juga aktif menulis karya ilmiah yang telah dipublikasikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya