Warung Makan di Tol Cipali Disanksi Tutup Sementara Akibat Getok Harga

Ilustrasi Rest Area.
Sumber :
  • ANTARA/Oky Lukmansyah

VIVA Nasional – Corcom ASTRA Tol Cipali Asri Fajarwati Ridwan mengungkapkan pihaknya telah menindaklanjuti keluhan mengenai harga makanan yang dijual oleh salah satu warung makan di rest area KM 86A Tol Cipali. Pengelola akan menindak dengan memberi sanksi penutupan sementara terhadap RM tersebut. 

Apple Luncurkan iPad Pro Pakai Chipset M4, Segini Harganya

“Sanksi yang kami berikan kepada pemilik kios, kami akan tutup sementara kios tersebut," kata Asri dalam keterangannya diterima awak media, Senin, 24 April 2023. 

Ilustrasi warung makan.

Photo :
  • http://www.dansapar.com
Dihadiri Sederet Bintang Dunia, Segini Harga Tiket Met Gala yang Fantastis

Sebelumnya, Ketua DPP PSI, Sigit Widodo, mengunggah pengalaman yang kurang menyenangkan dalam akun twitternya @sigitwi saat sedang mudik lebaran Idul Fitri 1444 H. Ia menjadi salah satu korban nuthuk atau menaikkan tarif sewenang-wenang saat membayar makanan di rest area. Ia menyebut bahwa harga 2 porsi nasi ayam dan teh kemasan harganya Rp 155 ribu pada RM yang ia singgahi. 

Asri menjelaskan, pihaknya telah berkomunikasi dengan pemilik kios dimaksud. Hasilnya, pegawai warung makan tersebut menaikkan harga makanan tanpa sepengetahuan pemilik kios. 

Daftar Harga Pangan 7 Mei 2024: Beras Turun, Daging Ayam hingga Gula Naik

"Kejadian tersebut betul di rest area Tol Cipali yang dilakukan oleh oknum penjaga kios. Kami telah mengkonfirmasi ke pemilik kios bahwa pemilik kios pun tidak mengetahui bahwa harganya dinaikkan," kata Asri.

Merespons itu, Sigit mengapresiasi langkah cepat dan tegas Astra Tol Cipali menindaklajuti keluhannya.

“Namun kalau boleh saya minta sanksi yang diberikan bukan penutupan karena akan berdampak pada hajat hidup keluarga pemilik dan pekerja,” kata Sigit dalam akun twitternya. 

Ia mengusulkan rumah makan tersebut cukup diminta membuat surat pernyataan untuk tidak mengulang perbuatan dan memasang poster berisi harga makanan, agar dengan jelas dilihat konsumen. 

“Sepulang mudik, jika diperlukan saya bersedia datang untuk bertemu pemilik dan pengelola untuk menuntaskan masalah ini,” ujarnya. 

Ilustrasi rest area dipenuhi pemudik

Photo :
  • TMC Polda Metro

Komentar Sigit Widodo pun lantas dibanjiri komentar para netizen. Ada yang menghujatnya, ada juga yang membelanya. 

“Makanya jangan terlalu pelit, beli Starbucks 50 ribu saja lu anggap murah, sesekali warung menaikkan harga pas Lebaran, Transport saja ada toeslag, hal sepele begini aja lu musti ngoceh sana sini, miskin amat,” tulis akun @joglonkrinew.

“Sepele gimana, harga nasi plus ayam goreng misalnya seharga 150rb ya ga wajar lu mah ga apple to apple toeslag udah diatur ama pemerintah, itu bukan mental miskin, coba benci ama kritik jgn disamakan,” tulis Donny Winowo membalasnya dalam akun @ashcoft. 

“Harus ditutup jangan diselesaikan dengan surat pernyataan. menurut saya itu adalah penipuan dan pencurian yg nyata. Tutup dan kalau buka lagi nanti di tokonya haarus ditulis besar-besar dalam spanduk: RM ini pernah menipu pelanggan, sekarang kapok dan tdk akan menipu lagi,” tulis Khairil Anwar dalam akun @kh_notodiputro. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya