Kebakaran Trans Studio Mal Makassar Padam, Wali Kota: Korban Sudah Dievakuasi ke RS

Evakuasi kebakaran di Trans Studio Makassar, Sulsel.
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA Nasional - Kebakaran yang terjadi di gedung Trans Studio Mal (TSM) Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar, Sulawesi Selatan jadi perhatian Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. Dia mengatakan api sudah berhasil dipadamkan.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Menurut dia, selain kobaran api dipadamkan, korban juga sudah dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

"Semua unsur ada disini untuk melakukan penyelamatan dan evakuasi. Belum diketahui berapa jumlah korban, tapi sudah ada dievakuasi di rumah sakit Siloam," kata Danny Pomanto, sapaan akrabnya, di lokasi kejadian dikutip dari Antara, Senin, 24 April 2023.

Golkar Tepis Isu Istri Ridwan Kamil Mundur dari Bursa Pilkada Kota Bandung

Dia menjelaskan, seluruh unsur dari Polda Sulsel, Polrestabes Makassar, BPBD, PMI, Pemadam Kebakaran, dan semua peralatan penyelamatan diturunkan untuk menyelamatkan korban yang diduga tadi masih terjebak di dalam.

Kebakaran landa Trans Studio Makassar, Sulawesi Selatan.

Photo :
  • Istimewa/Supriadi Maud
Gibran Masih Jabat Wali Kota Solo Usai jadi Wapres Terpilih, JK: Tidak Apa-apa

Namun, ia mengaku belum ada laporan resmi terkait penyebab kebakaran. Begitu pun juga jumlah korban yang dievakuasi ke rumah sakit karena mengalami sesak nafas.

"Kita belum tahu, dan hanya gambar dan video beredar di media sosial. Penyebab kebakaran juga belum diketahui, kita serahkan semua kepada pihak yang berwajib. Saat ini kita masih fokus penyelamatan karena masih ada orang di dalam terjebak," jelasnya.

Dia juga sudah memerintahkan BPBD Makassar segera membangun posko informasi bagi pengunjung yang kehilangan keluarganya atau terpisah saat kejadian tersebut. Selain itu, segera membangun pos kesehatan untuk langkah penyelamatan pertama.

"Ini masih proses penyelamatan karena masih ada orang di dalam. Saya sudah minta siapkan oksigen dan obat luka bakar bagi korban yang sudah dievakuasi lalu dibawa ke Rumah Sakit terdekat, Siloam. Untuk biaya rumah sakit, seluruhnya Pemkot Makassar yang tanggung," tuturnya menegaskan.

Danny pun berharap tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kata dia, diharapkan semua pengunjung yang masih terjebak asap tebal selamat.

Berdasarkan pantauan, tim kepolisian bersama damkar dan BPBD berusaha masuk untuk menembus asap tebal di gedung TSM diketahui berlantai tiga itu. Tim juga menggunakan masker oksigen untuk mencari para korban di lokasi. Meski api sudah padam, namun asap tebal masih menyelimuti gedung tersebut. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya