Arus Balik, 80 Ribu Kendaraan Lintasi Tol Cikupa Tangerang-Merak

Gerbang Tol Cikupa
Sumber :
  • Sherly (Tangerang)

VIVA Nasional – Sebanyak 86.768 kendaraan terdata melintasi Tol Tangerang-Merak, melalui Gerbang Tol (GT) Cikupa, Tangerang. Puluhan ribu kendaraan itu merupakan total sejak 24 April hingga pagi ini 25 April 2023.

Viral Video Aksi Maling Curi Spion Mobil, Ada Cara Mencegahnya

Berdasarkan data yang diterima, pada gelombang pertama arus balik mudik atau libur lebaran 2023, terinci kendaraan yang melintasi Tol Cikupa mengarah ke Jakarta, sebanyak 45.653 dan yang mengarah ke Merak sebanyak 41.115 kendaraan.

Di mana, pada arus balik ini pun, pergerakan kendaraan didominasi oleh golongan I dengan tujuan ke Jakarta.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Kepala Induk PJR Serang Korlantas Polri Tol Tangerang-Merak, Kompol Wiratno mengatakan, meski kendaraan yang mengarah ke Jakarta mendominasi, namun puncak arus balik mudik lebaran 2023 sampai saat ini belum terlihat.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

"Untuk puncak arus balik mudom belum terlihat, lintasan kendaraan masih batas normal," katanya, Selasa, 25 April 2023.

Meski demikian, ia turut mengingatkan kepada pengguna lintasan tol untuk memperhatikan sejumlah hal, terutama kesiapan kendaraan. Bukan hanya itu, pemudik juga diminta untuk memperhatikan peak hour atau jam sibuk pada arus balik mudik lebaran.

"Kita imbau agar pengguna jalan yang akan melanjutkan perjalanan balik, perhatikan betul kondisi kendaraan dan stamina pengemudi. Lalu, sesuai arahan, agar tidak terjadi penumpukan lalin di jalan, bila tidak ada sesuatu yang mendesak di persilahkan untuk balik setelah 26 April 2023," katanya.

Gerbang tol Cikupa Tangerang

Photo :
  • Sherly (Tangerang)

"Kami juga ingatkan, agar masyarakat berhati-hati pada jam sibuk, karena bisa terjadi kepadatan atau antrean panjang. Dari data yang kami terima, untuk lintasan di Tol Cikupa Tangerang-Merak, lintasan tertinggi itu terjadi  pada  17.00- 20.00, dan untuk hari ini diprediksi pada jam tersbeut akan berpotensi meningkat, terutama yang mengarah ke Jakarta," ungkapnya.

Sementara itu, dikutip dari media sosial @astratoltamer, kepadata sempat terjadi pada malam hari Senin, 24 April 2023 di Gerbang Tol Cikupa yang mengarah ke Jakarta.

"Pukul 19.30 menit terpantau arus lalu lintas yang menuju Jakarta cukup padat, dengan dominasi golongan I, dan petugas pun melakukan sejumlah skema untuk membantu percepatan proses transaksi," kutip pada laman tersebut.

Sedangkan, berdasarkan laporan yang ada pada pagi ini, Selasa, 25 April 2023, pergerakan kendaraan baik arah Meraka atau Jakarta terpantau lancar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya