Kota Ruteng NTT Biasanya Dingin Kini Jadi Panas, Suhunya 28 Derajat Celsius

Kota Ruteng di Nusa Tenggara Timur (NTT)
Sumber :
  • tvOne/Jo Kenaru

VIVA Nasional – Sejumlah negara di Asia tengah termasuk Indonesia dilanda gelombang panas pada sepekan terakhir. Rekor negara dengan suhu tertinggi tercatat ada di Bangladesh dengan suhu panas mencapai 51 derajat Celsius dan Thailand 45 derajat Celsius.  

Gelombang Panas di Myanmar Capai 48 Derajat Celcius

Indonesia juga menjadi salah satu negara di Asia yang mengalami gelombang panas dengan suhu maksimum tertinggi tercatat di Ciputat, Tangerang Selatan mencapai 37,2 derajat Celsius pada 17 April 2023.

Daerah yang bersuhu dingin di Indonesia tidak luput dari fenomena heatwave bakal sangat terasa panas dari biasanya.

Indonesia Dilanda Gelombang Panas? Begini Penjelasan BMKG

Kota Ruteng di Manggarai Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terkenal sangat dingin sepanjang tahun, tapi sepekan terakhir suhu di Ruteng naik ke angka 28 derajat Celsius pada siang hari. Keadaan yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Makin siang makin panas. 

Indonesia Terancam Cuaca Panas Ekstrem, Berikut Tips Menjaga Kulit Tetap Sehat

BMKG Stasiun Frans Sales Lega Manggarai merilis data prakiraan cuaca Kabupaten Manggarai per 25 April 2023 mulai pukul 08.00 WITA.

Dari 12 kecamatan di Manggarai, Kecamatan Langke Rembong yang mencakup Kota Ruteng seluruhnya, Kecamatan Ruteng, sebagian Kecamatan Wae Ri’i, bersuhu 28 derajat Celsius sedangkan kecamatan lainnya berkisar 29-32 derajat Celsius.

Fenomena heatwave atau gelombang panas yang sangat terasa di Kabupaten Manggarai pada Selasa siang ini menurut BMKG karena beberapa hal.

“Secara umum saat ini wilayah Manggarai sedang memasuki musim kemarau. Gelombang panas yang terjadi di Indonesia saat ini disebabkan oleh pergerakan semu Matahari yang saat ini sedang berada di sekitar ekuator, selain itu tutupan awan yang sedikit juga dapat memengaruhi kenaikan suhu udara di permukaan bumi,” tulis Badan Meterorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Frans Sales Lega Ruteng Selasa 25 April 2023.

“Untuk wilayah Ruteng, suhu maksimum tertinggi yang tercatat selama sepekan ini adalah 27 derajat celsius, dengan rata-rata suhu maksimum adalah 25 derajat celsius. Untuk prakiraan cuaca hari ini terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat pada sore hingga malam hari,” tambah petugas piket Stasiun BMKG Frans Sales Lega Ruteng kepada ViVa.

Belum ada laporan peningkatan penyakit tertentu 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai, Tomi Hermopan mengatakan pihaknya belum menerima laporan adanya penyakit tertentu seiring suhu panas yang terjadi.

Selain flu dan batuk yang biasa terjadi ketika memasuki musim kemarau tidak ada laporan adanya peningkatan penyakit tertentu. Kita masih pantau ke depan ini. Suhu hari ini memang terasa panas dari keadaan sepekan terakhir ya," ujar Tomi Hermopan dihubungi terpisah.

Laporan Jo Kenaru/ Manggarai-NTT

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya