Ditemukan Tangki BBM Ilegal Diduga Milik AKBP Achiruddin, Ini Penjelasan Pertamina

Gudang BBM ilegal milik AKBP Achiruddin Hasibuan digeledah oleh Polda Sumatera Utara dan PT Pertamina Sumatera Bagian Utara.
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra

VIVA Nasional – PT Pertamina Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) menyerahkan proses hukum kepada Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara atas temuan gudang penimbunan bahan bakar minyak (BBM) ilegal diduga milik AKBP Achiruddin Hasibuan.

Perkuat Sinergi dan Pertumbuhan Ekonomi, Bea Cukai Jalin Koordinasi dengan Pemerintah Daerah

Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara dan PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut menggeledah gudang penimbunan BBM ilegal itu beralamat di Jalan Guru Sinumba, Kelurahan Helvetia Timur, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan, Kamis siang, 27 April 2023. 

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, polisi tiba di lokasi kejadian pada pukul 11.30 WIB. Penggeledahan dipimpin oleh Kepala Subdirektorat Tindak Pidana Tertentu Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara Kompol Jerico didampingi Area Manager Comm. Rel & CSR Patra Niaga Regional Sumbagut Susanto August Satria. Petugas membuka paksa rantai dan gembok gudang tersebut.

Maju Pilgub Sumatera Utara, Edy Rahmayadi: Jangan Membawa Intervensi Kekuasaan

Gudang BBM ilegal milik AKBP Achiruddin Hasibuan digeledah oleh Polda Sumatera U

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra

Area Manager Comm. Rel & CSR Patra Niaga Regional Sumbagut Susanto August Satria mengapresiasi tindakan tegas terhadap gudang penimbunan BBM Ilegal itu. Dia mengakui, di dalam gudang itu, ditemukan tangki dan sejumlah barang bukti lainnya.

Pertamina Geothermal Energy Cetak Laba Bersih US$47,49 Juta Kuartal I-2024

Disinggung kapasitas gudang dan tangki tersebut, Satria mengatakan belum mengetahui, masih menunggu hasil penyelidikan polisi. "Harus diukur, baru dilihat. Kalau lambang (Pertamina) bisa dari mana saja, yang jelas bukan dari Pertamina," katanya.

Satria menjelaskan, Pertamina juga menunggu hasil penyelidikan Polda Sumatera Utara untuk mengetahui dari mana saja BBM diselundupkan ke gudang tersebut. Pertamina akan melacak secara digital transaksi BBM tersebut karena sistem pembelian BBM di SPBU menggunakan QR Code.

"Sampai jauh tidak, pembelian menggunakan! QR Code, sudah digital. Berapa masuk dan keluar kelihatan. Kita tidak tahu materinya, kita lihat dari Polda Sumatera Utara," katanya.

Gudang BBM ilegal milik AKBP Achiruddin digeledah Polisi dan Pertamina

Photo :
  • VIVA / B.S Putra (Medan)

Dengan ditemukan gudang BBM ilegal ini, Satria mengharapkan masyarakat untuk proaktif melapor kepada aparat jika melihat atau mengetahui aktivitas mencurigakan diduga terjadi penimbunan BBM.

Petugas gabungan dari Kepolisian dan Pertamina Sumbagut masuk ke dalam gudang. Dalam gudang bangunan dikelilingi pagar seng itu ditemukan 3 tangki yang masing-masing berkapasitas ribuan liter. Dua unit tangki bertulisan dan berlogo Pertamina.

Ditemukan mobil boks modifikasi yang di dalamnya terdapat drum besar untuk mengangkut BBM ilegal dari SPBU ke gudang tersebut. Ditemukan juga sejumlah drum berukuran besar, alat pompa minyak hingga selang BBM ilegal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya