Terobosan Irjen Iqbal Buat Puasa-Lebaran 2023 Aman dan Lancar Dipuji

Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal
Sumber :
  • dok Polda Riau

VIVA NasionalKetua Dewan Organda Provinsi Riau, M. Nasir mengapresiasi Polda Riau di bawah Kapolda Irjen M Iqbal karena berhasil melakukan pengamanan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2023 berjalan baik dan kondusif, sehingga masyarakat dapat beribadah Ramadan dengan lancar. Selain itu, pengamanan arus mudik dan balik Lebaran juga berjalan tertib.

Hasil Kolaborasi Kemenag, KPI dan MUI Hasilkan Pemenang Anugerah Syiar Ramadan 2024

“Mengapresiasi jajaran Polda Riau atas keberhasilan melakukan pengamanan, pelayanan, pengawasan dan pengawalan dalam pelaksanaan arus mudik dan balik masyarakat,” kata Nasir melalui keterangannya pada Kamis, 4 Mei 2023.

Indonesian Economy Grows 5,11 Percent in Q1 2024

Kemudian Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Riau, KH. Abdul Rahman Qomaruddin mengatakan Polda Riau serta jajaran dapat menciptakan situasi aman kondusif selama bulan Ramadan dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah karena mampu berkoordinasi secara baik dengan para stakeholder dan masyarakat.

“Situasi di Riau aman dan kondusif merupakan bukti nyata Polri bekerja dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat saat bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H,” ujarnya.

Menhub Klaim Kepuasan Pemudik Capai 89 Persen pada Periode Mudik Lebaran 2024

Sementara Gubernur Riau, Syamsuar dan Kepala Cabang Jasa Raharja Riau, M Iqbal Hasanuddin mengapresiasi jajaran Polda Riau karena melaksanakan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2023 dengan baik dan tertib.

“Terima kasih kepada Polda Riau dan jajaran yang sudah berhasil mengamankan, melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat pada bulan Ramadhan 1444 H, sebelum Idul Fitri, saat Idul Fitri, saat arus mudik dan balik Idul Fitri. Secara umum berjalan dengan baik, aman, kondusif, nyaman, dan berkesan,” kata Syamsuar.

Branch Manager Tol Permai dan Pekanbaru-Bangkinang, Jarot Seno Wibawa menyebut Kapolda Riau Irjen Iqbal serta jajarannya mampu berkomunikasi dengan stakeholder untuk mengamankan pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2023 di Riau.

"Terima kasih Kapolda Riau dan Direktorat Lalu Lintas Polda Riau atas terlaksananya mudik, dan balik gratis. Tujuannya untuk menekan angka fatalitas di jalan raya, serta koordinasi yang terjalin di ruas Jalan Tol Pekanbaru Dumai maupun Pekanbaru Bangkinang dengan baik,” ucapnya.

Terobosan Kapolda Riau selama Ramadhan

Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal menjelaskan Polda Riau dan Polres jajaran telah melakukan operasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama Ramadhan hingga Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2023 sejak 17 Maret-1 Mei 2023.

Dari hasil pelaksanaan Operasi Cipta Kondisi tersebut, kata dia, petugas mengamankan barang bukti narkoba jenis sabu 83.271,24 gram, ekstasi 55.456.00 butir, h-five 531.00 dan knalpot brong 2.503 Buah.

"Kita dari awal Polda Riau dan jajaran melakukan langkah-langkah pro aktif dengan mengadakan terobosan kreatif, yaitu melaksanakan Operasi Cipta Kondisi," kata Iqbal melalui keterangannya pada Kamis, 4 Mei 2023.

Menurut dia, upaya yang dilakukan agar gangguan kamtibmas dapat diminimalisir dengan tujuan masyarakat yang muslim lebih khusyuk menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan.

“Selama melakukan kegiatan Operasi Cipta Kondisi, fokusnya melakukan razia premanisme sebelum bulan Ramadhan, razia narkoba, senjata tajam, senjata api, knalpot brong,” ungkapnya.

Karena, kata Iqbal, hal tersebut berpotensi mengganggu kekhusyukan masyarakat dalam menjalankan ibadah saat Bulan Suci Ramadhan. Makanya, banyak anggota Polda Riau disebar di musala dan masjid hingga pusat perbelanjaan untuk mengamankan kegiatan selama Ramadhan.

"Banyak polisi patroli sepeda, patroli jalan kaki, patroli roda dua, roda empat, untuk menjaga masyarakat yang ingin belanja di pasar-pasar pusat perekonomian, baik saat taraweh ada polisi yang pake kopiah, sambil beribadah juga mengamankan pelaksanaan sholat taraweh sampe dengan sahur,” jelas dia.

Selain itu, Iqbal mengatakan pengamanan juga dilakukan jelang dan saat pelaksanaan Idul Fitri, seperti menyediakan mudik gratis hingga mengamankan rumah kosong serta pasar-pasar serta ide-ide kreatif lainnya.

"Untuk menekan tingkat kecelakaan, Ditlantas Polda Riau melakukan kegiatan pengecekan uji kadar alkohol dan narkoba, serta cek kesehatan bagi pengemudi bus umum yang melakukan perjalanan mudik,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya