Polisi Tutupi Hasil Autopsi Mustopa Penembak Kantor MUI

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Polisi nampak menutupi hasil autopsi jasad penembak kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat, Mustopa NR. Bagaimana tidak, autopsi sudah rampung tapi belum juga dibeberkan.

TNI-Polri Evakuasi Jenazah Warga Korban Penembakan OPM di Papua

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, kalau hasil autopsi masih dirahasiakan karena penyidik masih menganalisis penyidikan lebih lanjut. Hasil autopsi disebut baru bakal diungkap pasca proses penyidikan kasus selesai dilaksanakan.

"Karena terkait autopsi kan adalah hasil yang dihasilkan secara forensik kemudian kepentingan-kepentingan penyidik, nanti penyidik akan menyampaikan dalam bentuk analisis proses penyidikan," ujar dia kepada wartawan, Kamis 4 Mei 2023.

Polisi Ungkap Mahasiswa STIP Jakarta Dianiaya hingga Tewas Bukan saat Kegiatan Resmi

Karena belum diungkap, penyebab Mustopa tewas pun masih jadi misteri. Namun, mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini mempersilahkan pihak keluarga Mustopa apabila hendak mengambil jasadnya yang kini berada di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur. Jasad dipastikan sudah bisa diambil untuk dimakamkan.

Pankreas Pecah Diduga gegara Di-bully Teman, Siswi SD di Lamongan Meninggal

"iya tentunya kalo sudah selesai dalam proses penyidikan melalui forensik ya kita tentu akan memberikan informasi pada pihak keluarga. Namun demikian, tadi saya sampaikan ini masih berlanjut tentunya akan kita layani untuk memberi informasi kepada keluarganya untuk kita kembalikan," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Polri, Brigadir Jenderal Polisi Hariyanto mengatakan autopsi jasad Mustopa NR, pelaku penembakan kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), telah rampung.

"Iya, sudah selesai (autopsi)," kata Hariyanto kepada wartawan, Rabu 3 Mei 2023.

Meski sudah rampung, ia menyebut hasil autopsi tak bisa langsung diungkap ke publik. Sebab, penyidik yang mengusut kasus ini yang bakal mengungkapnya.

Pelaku penembakan di kantor pusat MUI, Jakarta, diamankan aparat

Photo :
  • Dok Polri

Aksi Mustopa menyerang kantor MUI yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa kemarin membuat geger publik. Aksi Mustopa viral di media sosial yang salah satunya diunggah akun Twitter @facialwashh. Dalam unggahannya, tampak gambar pecahan kaca berserakan di kantor MUI.

"Terjadi penembakan di kantor Majelis Ulama Indonesia Jakarta oleh orang tak dikenal," seperti dikutip VIVA dari akun Twitter @facialwashh, Selasa, 2 Mei 2023.

Dari keterangan polisi, pelaku Mustofa meninggal usai melakukan penyerangan tersebut. Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin membenarkan pelaku penembakan telah meninggal dunia. "Pelaku sudah meninggal," kata Komarudin saat dihubungi, Selasa, 2 Mei 2023. 

Imbas aksi Komarudin, terdapat sejumlah orang yang mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya