Kapal Feri KMP Royce 1 Terbakar di Perairan Merak Banten, Ini Pemicunya

Tim SAR mengevakuasi penumpang kapal feri yang terbakar di Selat Sunda
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA Nasional – Viral di media sosial Instagram sebuah kapal feri terbakar di Selat Sunda. Kejadiannya disebut siang ini.

Tiga Kapal di Muara Baru Terbakar, 3 Orang Tewas

Salah satunya diposting akun Instagram @seputartangsel. Akun ini menyebut belum diketahui apakah ada korban dalam kejadian tersebut. Terkait hal ini, dibenarkan oleh humas Badan SAR Nasional, Albert Wenno.

"Info sementara sudah ditangani tim Kansar Banten, untuk info lebih lanjut menyusul," kata dia kepada wartawan, Sabtu 6 Mei 2023.

2 Kapal Vietnam Diamankan KKP Terkait Penangkapan Ikan Ilegal di Perairan Natuna

Meski membenarkan, dirinya belum bisa berkata lebih jauh. Pasalnya, petugas masih melakukan evakuasi di lapangan. Adapun dalam video yang disertakan dalam postingan nampak asap keluar dari badan kapal. Para penumpang nampak dievakuasi dengan kapal kecil. 

Terpisah,  Kepala Kantor SAR Banten Adil Triyanto mengatakan kapal feri KMP Royce 1 milik PT. DIB terbakar saat berlayar dari Pelabuhan Merak, Banten, menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Sabtu, pukul 15.08 WIB.

Basarnas Evakuasi Ayah dan Anak yang Terjebak Banjir di Konawe Utara

Informasi sementara menyebutkan kapal terbakar saat melintasi Pulau Tempurung melalui VTS Merak dan diteruskan ke Basarnas Banten. 
 
Proses Evakuasi dilakukan Tim SAR Gabungan yang terdiri atasi Basarnas, Lanal Banten, Polairud Banten, KPLP Banten, BPTD, ASDP Merak, PMI, dan Nelayan setempat.
 
Namun, pada Pukul 17.30 WIB  kebakaran kapal feri tersebut sudah berhasil dipadamkan oleh tim gabungan. Untuk sementara jumlah penumpang masih dalam pendataan petugas

Untuk kronologi peristiwa, Adil menyebut kebakaran diduga karena sebuah bus yang ada di dalam kapal mengalami kebakaran. “Bus di dalam kapal mengalami kebakaran," katanya.

VIVA Militer: Kapal perang Hesse (F-221) Angkatan Laut Jerman

Ketegangan Tiongkok dan Taiwan di Laut Cina, Jerman Kirim 2 Kapal Perang

Jerman mengirim dua kapal perang ke kawasan Indo-Pasifik, untuk memperkuat kehadiran militernya di tengah meningkatnya ketegangan antara Tiongkok dan Taiwan.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024