Warga Korban Labuan Bajo Batal Demo KTT ASEAN, Utusan Jokowi Janji Bayar Ganti Rugi

Ladis Jeharum dan Matius Siagian saat negosiasi batalkan demonstrasi
Sumber :
  • Jo Kenaru/tvOne/Manggarai Barat-NTT)

VIVA Nasional – Warga yang tergabung dalam Rakyat Jelata Korban Gusuran (RATA KORSA) akhirnya membatalkan rencana aksi demonstrasi mereka yang sedianya digelar pada hari ini, Selasa 9 Mei 2023.

Kemalangan di Gaza, Warga Palestina Minum Air Tidak Layak Konsumsi

RATA KORSA sebelumnya telah memasukkan pemberitahuan aksi ke Polres Manggarai Barat yang mencantumkan tanggal aksi tepat pada hari pertama KTT ASEAN Summit ke-42 di Labuan Bajo yang akan berlangsung pada 9-11 Mei 2023.

Koordinator RATA KORSA, Ladis Jeharum menjelaskan, pihaknya tidak mundur memperjuangkan hak masyarakat yang terdampak penggusuran pembangunan jalan Labuan Bajo-Golomori.

Kesaksian Warga, Gempa Garut Dirasakan Besar dan Terdengar Rumah Gemeretak dan Kaca Bergetar

Namun menurut Ladis, jelang tanggal aksi begitu banyak pihak yang mendatanginya menawarkan penundaan aksi karena dikhawatirkan mengganggu pelaksanaan KTT ASEAN.

(KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Photo :
  • DPR RI
Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga Usai Kedapatan Dorong Motor Curian

Sebutnya, RATA KORSA akhirnya luluh dan benar-benar membatalkan rencana aksi demo setelah pihak yang mengaku utusan orang penting di lingkaran istana datang menemui Ladis dan warga korban penggusuran.

"Aksi kita batalkan karena ada pihak yang mengaku utusan dari orang penting di Indonesia menjamin akan memenuhi tuntutan ganti rugi warga yang terdampak pengerjaan jalan Labuan Bajo- Golomori," kata Ladis Jeharum saat dihubungi, Selasa 9 Mei 2023.

Salah satu nama yang ikut menjamin kesepakatan tentang tuntutan ganti rugi warga dalam pertemuan  yang diadakan pada Senin 8 Mei 2023 yakni Matius Siagian yang diketahui sebagai seorang pengusaha dan Kader Nasdem di Labuan Bajo.

"Sudah ada yang menjamin bayar ganti rugi. Selain Matius Siagian ada juga utusan Mabes Polri dan utusan Presiden Jokowi menemui kita sampai pukul 19.00. Kita sepakat tidak akan melakukan aksi karena sudah ada garansi dalam tuntutan kita," ulang Ladis.

Pernyataan pembatalan aksi demo, sebut Ladis ditandai dengan pemusnahan atribut dan poster-poster yang sedianya digunakan saat demonstrasi.

"Alat peraga demo kita sudah bakar semua di depan pelobi dan utusan dari Mabes Polri," lanjut Ladis seraya berkata, negosiasi berlangsung tanpa kehadiran unsur TNI.

VIVA Militer: Danyonko 466 Kopasgat pimpin Apel Satgas Pam VVIP KTT ASEAN Ke-42

Photo :
  • Pen kopasgat

Menurutnya, kesepakatan dengan para negosiator tidak dibuat tertulis tapi pernyataan dan kesepakatan itu dibuatkan dalam video.  

"Keyakinan kami ya harus ditindaklanjuti. Jika tidak orang-orang yang ada dalam video dokumen kita yang kita tarik," tegasnya. 

Untuk diketahui, tuntutan ganti rugi diperjuangkan oleh 17 warga kampung Cumbi dan Nalis Desa Waraloka yang terdampak penggusuran jalan Labuan Bajo-Golomori.

Ruas jalan sepanjang 25 kilometer itu telah diresmikan Presiden Jokowi pada April 2023. Jalan tersebut merupakan akses menuju KEK MICE Tanamori yang ditetapkan sebagai salah satu venue KTT ASEAN ke-42.

" Ada 13 rumah yang bongkar semua. Ada 3 yang kondisi rumah warga menjadi tidak layak untuk dihuni lagi. Total seluruhnya ada 17 di Desa Waraloka Kampung Cumbi dan Nalis. Dalam pendataan kita jumlah ganti rugi berkisar Rp60 juta sampi Rp200 juta," tutupnya. (Jo Kenaru/tvOne/Labuan Bajo)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya