Pelapor Sebut Ada 17 Laporan ke Firli Bahuri soal Kebocoran Data 

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional Polisi terus menyelidiki laporan lembaga Pengawasan dan Pengawalan Penegakan Hukum Indonesia (LP3HI) kepada Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri.

Dewas KPK Santai Jika Gugatan Ghufron ke PTUN Dikabulkan: Gak Apa-apa, Itu Berlaku ke Depan

Pelapor lewat Wakil Ketua LP3HI, Kurniawan Adi Nugroho dapat info ada 17 laporan di Polda Metro Jaya atas kasus serupa. Yaitu soal dugaan kebocoran data KPK terkait dokumen penyelidikan di Kementerian ESDM .

"Infonya ada 17 laporan, baik dari individu maupun LSM. Itu info yang saya dapat dari penyidik waktu pemeriksaan di Polda," ucap Adi Nugroho kepada wartawan, Rabu 10 Mei 2023.

Istri Fredy Pratama Bakal Dimiskinkan Kepolisian Thailand

Dia mengaku telah dimintai keterangannya oleh Subdirektorat Keamanan Negara Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya pada 26 April 2023 lalu soal materi yang dilaporkan sampai barang bukti yang ada. Kurniawan berharap Firli memberi keterangan dengan jujur saat dimintai keterangan oleh penyidik.

Polisi Bongkar Modus Peretasan WhatsApp dari Facebook

"Materi pemeriksaan masih seputar identitas, apa yang dilaporkan, TKP dan waktunya dimana. Bukti yang saya serahkan ke penyelidik adalah video yg beredar di twitter, berita media dan foto dokumen yang dibocorkan, yang saya dapatkan," katanya.

Sebelumnya diberitakan, kisruh terkait dengan dugaan kebocoran dokumen penyelidikan perkara  korupsi di Kementerian ESDM, masih berlanjut. Hal tersebut dilaporkan ke Polda Metro Jaya dan diterima dengan nomor laporan LP/1951/IV/2023/SPKT/Polda Metro Jaya tertanggal 11 April 2023.

Laporan dibuat Lembaga Pengawasan dan Pengawalan Penegakan Hukum Indonesia (LP3HI). Pelapornya Wakil Ketua LP3HI, Kurniawan Adi Nugroho. Untuk terlapornya masih dalam penyelidikan atau lidik.

"Laporan ini terkait dengan bocornya hasil penyelidikan KPK atas tindak pidana korupsi dalam bidang pertambangan di Kementerian ESDM, yang ditemukan pada saat penggeledahan di kantor ESDM," ujar dia kepada wartawan, Selasa 11 April 2023.

Untuk diketahui, buntut pencopotan Brigjen Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan KPK, lewat penasihat hukumnya, Brigjen Endar membuat laporan polisi.

Adapun kuasa hukum Endar adalah Rakhmat Mulyana. Laporan diterima dengan nomor LP/B/1959/IV/2023/SPKT/POLDA METRO JAYA. Terlapornya adalah Sekjen KPK, Cahya H Harefa dan Kepala Biro SDM KPK Zuraida Retno Pamungkas.

"Betul, tadi siang (laporkan Sekjen KPK sama Karo SDM)," ucap Rakhmat kepada wartawan, Selasa 11 April 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya