Terjadi 70 Kali Gempa Susulan di Banten

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Nasional - Berdasarkan data yang diberikan oleh BBMKG Wilayah II, total ada 71 gempa bumi, dengan 70 kali gempa susulan hingga pukul 08.00 wib, setelah terjadi guncangan utama berkekuatan 5,2SR pada Rabu, 10 Mei 2023, pukul 11.24 wib.

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Lindu yang dirasakan manusia berjumlah dua kali kejadian, kemudian gempa susulan terbanyak terjadi pada 10 Mei 2023, pukul 17.00 wib, sebanyak 21 kali. Begitu data yang diberikan oleh Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Suwardi, saat dikonfirmasi melalui pesan elektroniknya.

Selanjutnya sepanjang Kamis, 11 Mei 2023, hingga pukul 08.00 wib, tercatat ada 25 kali gempa susulan, sejak gempa utama yang terjadi sehari sebelumnya.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Lokasi gempa utama berada di 6,49 LS, 104,84 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 84 Km arah Barat Laut Sumur, Banten pada kedalaman 10 km.

Gempa Banten 1 April 2022

Photo :
  • BMKG
Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser," ujar Daryono, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, dalam keterangan resminya yang dikirim oleh Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Suwardi, Kamis (11/05/2023).

Masyarakat diminta tetap tenang dan tidak mudah percaya akan informasi yang beredar luas. Selalu pastikan kebenaran kabar yang di dapat, melalui berbagai platform resmi milik BMKG.

Ketika terjadi gempa, masyarakat diminta segera menghindari bangunan tinggi dan pergi ke tanah lapang, guna menghindari tertimpa runtuhan material.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya