489 Petugas Haji Tiba di Jeddah Arab Saudi, Siap Sambut dan Layani Jemaah Indonesia 

Petugas haji Daker Madinah-Bandara tiba di Bandara King Abdul Aziz Arab Saudi
Sumber :
  • Lutfi Dwi Puji Astuti/MCH 2023

VIVA Nasional – Sebanyak 489 petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) daerah kerja Madinah dan Bandara tiba di Arab Saudi, Sabtu petang, 20 Mei 2023. Para petugas haji tiba dengan selamat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah sekira pukul 17.15 waktu Jeddah, setelah menempuh 9 jam penerbangan.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Para petugas haji ini sebelumnya bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta Barat, pada pukul 11.30 Wib. Diketahui, perbedaan waktu Indonesia dan Arab Saudi selisih 4 jam lebih cepat Indonesia daripada Arab Saudi.

Sebelumnya, Kementerian Agama memberangkatkan 489 petugas haji atau petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH). Petugas yang diberangkatkan terdiri dari 100 petugas haji Daker Bandara, 248  petugas haji Daker Madinah, serta 12 petugas di Kantor Urusan  Haji (KUH) Jeddah serta 129 tenaga kesehatan. 

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Setibanya di Jeddah, para petugas haji ini akan langsung mempersiapkan diri untuk menjalani ibadah umrah wajib tama'tu di Mekkah Almuqaromah, setelah sebelumnya melakukan miqat di Bandara King Abdul Azis Jeddah. 

Petugas haji Daker Madinah dan Bandara diberangkatkan ke Arab Saudi

Photo :
  • MCH 2023
Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Setelah menjalani umrah, rencananya para petugas haji ini akan melanjutkan tugasnya melakukan pengecekan persiapan sarana dan prasarana yang nantinya akan digunakan para jemaah haji selama berada di Arab Saudi. 

Pelepasan petugas sebelumnya dilaksanakan di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Hilman Latief sebelumnya  berharap kehadiran PPIH Arab Saudi ini bisa menjadi penopang layanan haji Indonesia. 

"Ibu dan bapak sekalian adalah wakil bangsa Indonesia yang berasal dari berbagai unsur. Oleh karena itu kami berpesan mohon dijaga martabat dan nama baik Indonesia ," ujar Hilman Latief. 

Pada musim haji 1444H/ 2023 M, sebanyak 1200 petugas haji menjalani bimbingan teknis PPIH selama 10 hari sebagai pembekalan untuk melayani jemaah haji tahun ini. Info terbaru, total petugas haji yang ditugaskan melayani tamu tamu Allah di Arab Saudi mencapai 4000 petugas. 

Adapun jumlah jemaah haji tahun 2023 yang tertera pada sistem E-Hajj tanggal 15 Mei 2023 sebanyak 229.000 orang. Kuota tersebut terdiri dari jemaah haji reguler sebanyak 211.320 orang dan jemaah haji khusus sebanyak 17.680 orang.
 
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Sadzily meminta para petugas haji fokus melayani jemaah haji karena para petugas merupakan orang-orang terpilih untuk melayani para tamu Allah.

"Manfaatkan kesempatan yang saudara peroleh ini. Saudara ditugaskan untuk melayani tamu Allah. Karena itu pesan kami luruskan niat untuk melayani jemaah."

Perlu diketahui operasional penyelenggaraan haji 1444H/ 2023 M akan dimulai pada 24 Mei 2023. Ini ditandai dengan pemberangkatan jemaah haji kloter atau kelompok terbang pertama yang akan diterbangkan dari Indonesia menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz atau AMAA Madinah.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya