Innalillahi, 4 Jamaah Haji Indonesia Meninggal Dunia

Pemakaman di Baqi, Arab Saudi
Sumber :
  • MCH 2023

VIVA Nasional – Memasuki hari kelima kedatangan jemaah Haji pada Minggu 28 Mei 2023 kemarin, tercatat ada sejumlah kejadian menonjol di Madinah, Arab Saudi.

Bandara Soetta Terapkan Standar Tinggi dalam Layanan Haji 2024, Tambah Toilet Portable

Mengenai hal tersebut, Kepala Daerah Kerja Bandara di Arab Saudi, Haryanto mengungkap, selain jemaah sakit, ada pula yang kehilangan paspor setiba di bandara  AMAA, Madinah.  "Ada satu yang kehilangan paspor. Kita lakukan langkah cepat berkordinasi dengan KJRI untuk membuat SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor)," kata Haryanto. 

Tak cuma itu, bahkan ada jamaah harus tertahan selama 4 jam di Imigrasi lantaran visa yang digunakan bukanlah visa haji melainkan visa umrah. Hal ini menjadi masalah tersendiri hingga pihak KJRI di Jeddah ikut turun tangan.

Siap Layani Jemaah Haji, 644 Tenaga Pendukung PPIH Jalani Bimbingan Teknis

"Kemudian ada jemaah haji kloter 13 SOC yang mestinya menggunakan visa haji, tapi yang keluar visa umrah. Sehingga jemaah haji itu ditahan imigrasi. Tapi bisa kita selesaikan setelah berkordinasi dengan stakeholder di Saudi maupun Indonesia," sambung Haryanto

Jamaah Wafat

554 Kloter Jemaah Haji Reguler Sudah Dirilis, Siap Berangkat Mulai 12 Mei 2024

Selain masalah terkait Visa dan paspor, Haryanto juga mengungkapkan kabar duka. Hingga 28 Mei 2023 dilaporkan ada empat jamaah Indonesia meninggal dunia di Madinah. 

"Sampai hari ini, Minggu malam sudah ada empat jamaah yang wafat di Arab Saudi. Mekanismenya, setelah keluar Certificate of Death dari RS kemudian dilakukan pemakaman sesuai prosedur yang ada di Saudi," tutur dia. 

Keempat jemaah yang wafat, yakni:

- Suprapto Tarlim Kertowijoyo, asal Kabupaten Demak kloter tiga Embarkasi Solo (SOC 03), meninggal Kamis (25/5/2023) pukul 04.00 WAS di Hotel Abraj Taba, Madinah.

- Achmad Suhadak, kloter 9 Embarkasi Surabaya (SUB-09) meninggal dunia tidak lama setelah mendarat di Bandara Madinah, Sabtu, 27 Mei 2023 pagi waktu Arab Saudi (WAS).

- Lengen Dalem Dussalam, dari kloter 1 Embarkasi Surabaya (SUB-01), meninggal hari Sabtu, 27 Mei 2023 pukul 23.30 WAS. 

- Ibnu Sahid Dasjil,  dari kloter 2 Embarkasi Surabaya (SUB-02), wafat pada Minggu, Minggu, 28 Mei 2023 pukul 19.30.

Haryanto mengingatkan, suhu di Madinah saat ini mencapai 39-41 derajat celcius. Tak henti jamaah diingatkan untuk menjaga kesehatan dan konsumsi air minum yang cukup untuk mencegah dehidrasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya