Deretan Fakta Rekonstruksi Kasus Penganiayaan Mario Dandy Terhadap David Ozora

Polisi gelar reka adegan atau rekontruksi kasus penganiayaan Mario Dandy Cs kepada David Ozora.
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana.

Jakarta – Mario Dandy dan Shane Lukas bakal menjalani sidang perdana kasus penganiayaan terhadap David Ozora di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, hari ini, Selasa, 6 Juni 2023.

Jeep Rubicon Mario Dandy Bakal Dilelang Lebih Murah Usai Tak Laku, Berapa Harga Bekasnya?

Polda Metro Jaya telah menggelar rekonstruksi kasus penganiayaan David yang dilakukan oleh tersangka Mario Dandy Satrio (MDS), anak mantan pejabat pajak, Refaela Alun. Rekonstruksi dilakukan di tempat kejadian perkara (TKP) Komplek Green Permata, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, pada 10 Maret 2023 lalu.

Ada sejumlah fakta yang menyedot perhatian publik dari rekonstruksi tersebut. Berikut deretan fakta rekonstruksi kasus Mario Dandy yang VIVA dapat rangkumkan:

Rubicon Mario Dandy Nggak Laku Dilelang Diduga Gegara Mahal, Ini Kata Kejari Jaksel

Polisi

Photo :
  • 1472742

Mario Dandy Perintahkan Shane Rekam Aksi Penganiayaan

Rubicon Mario Dandy Gak Laku Dilelang, Harganya Diturunkan

Mario Dandy Satriyo memerintahkan kepada tersangka Shane Lukas untuk memvideokan penganiayaan terhadap David Ozora, anak petinggi GP Ansor. Hal ini terkuak dalam dialog saat rekonstruksi. Dari dialog tersebut, diketahui Mario Dandy mengajak Shane untuk ikut karena hendak memukuli seseorang.

"Sesuai berita acara, ketika mau menuju lokasi anak D, tersangka MDS sampaikan pada Shane dalam perjalanan, lu ikut gw, gw gw mau mukulin orang nih, lu gw tugasin videoin gw. Shane mengatakan, hah siapa, emang kenapa," ujar anggota polisi yang menjelaskan tentang reka adegan tersebut.

David Diperintahkan Push-up 50 Kali

Mario Dandy Satriyo menyuruh D (17) untuk push-up sebanyak 50 kali. Dalam rekonstruksi ini, tampak Mario mencontohkan push-up yang benar kepada David.

Usai Mario Dandy memberikan contoh push-up kepada korban, kemudian David diminta melakukan hal tersebut. Saat korban mengambil sikap push-up, Mario Dandy dan Shane lantas berjalan mengelilingi korban.

Kepala Ditendang, David Tak Sadar Diri

Penampakan

Photo :
  • 1484738

David Ozora langsung tak sadarkan diri setelah ditendang Mario Dandy di bagian kepalanya.

Polisi menduga, korban tak sadarkan diri setelah Mario Dandy menendang kepala korban menggunakan kaki kanannya. Apalagi, selain melakukan penendangan, Mario Dandy juga sempat menginjak kepala korban dengan kakinya tersebut.

Tendang Kepala David, Mario Dandy Selebrasi ala Cristiano Ronaldo

Mario Dandy Satriyo melakukan selebrasi ala pesepakbola Cristiano Ronaldo usai menendang kepala David. Ia kemudian melakukan selebrasi tendangan bebas.

"Adegan berikut ini tendangan terakhir MDS, seakan-akan ini free kick atau tendangan bebas dalam sepak bola. Dilanjutkan nanti MDS melakukan selebrasi ala Cristiano Ronaldo," kata salah satu ucap penyidik.

AG Saksikan Penganiayaan David

Polisi

Photo :
  • 1472702

AG pacar Mario saat itu menyaksikan penganiayaan. Adegan itu diawali dari Mario yang menyuruh korban untuk mengambil posisi push-up hingga bersikap taubat. Saat itu, posisi AG diketahui masih di dalam mobil Jeep Rubicon dan keluar dari mobil untuk menyaksikan penganiayaan itu.

“Adegan selanjutnya, di sini ada momen anak AG mengambil korek yang ada di samping kepala korban (D) dan membakar rokok milik anak AG sendiri," kata penyidik membacakan adegan rekonstruksi di lokasi.

Mario Dandy Sebut David Lakukan Pelecehan Terhadap AG

Mario Dandy Satriyo menyampaikan alasan melakukan penganiayaan terhadap David Ozora di hadapan N ibunda dari R yang merupakan teman korban. Mario beralasan korban melakukan pelecehan terhadap adik temannya.

Dalam rekonstruksi terdapat adegan saat N menghentikan aksi kekerasan tersebut. N berteriak dari balkon rumahnya. Selanjutnya N bergegas keluar dari rumah untuk menghampiri lokasi penganiayaan.

“Saya tunjuk pelaku, saya tanya ‘siapa kamu? Ngapain kamu di sini? Saya pemilik rumah di sini,” kata saksi N.

N yang mengetahui korban penyiksaan adalah teman anaknya, langsung menanyakan apa yang sudah dilakukan para tersangka terhadap korban. “Saat saya tahu ini D. Saya tanya ‘Kamu apakan teman anak saya?’ ujar N.

“Dia (korban) melecehkan adik teman saya tante,” tutur N menirukan ucapan Mario Dandy pada malam kejadian.

Adik teman yang dimaksud Mario ialah AG sang kekasih.

40 Adegan Diperagakan dalam Rekonstruksi

Sebanyak 40 adegan diperagakan dalam rekonstruksi yang digelar di Kompleks Green Permata Residence, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

"Dari 37 adegan yang kita siapkan, tadi berkembang menjadi 40 adegan. Adegan ke-40 terbagi menjadi dua karena angelnya berbeda, 40 A dan 40 B," ungkap Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi. Hengki menuturkan,dari 37 reka adegan yang direncanakan polisi, ternyata ada sejumlah adegan tambahan.

Adapun adegan tambahan diperoleh penyidik dari saksi-saksi yang turut melakukan adegan rekonstruksi tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya