Obama Yakin Bisa Berkunjung ke Indonesia

Barack dan Michelle Obama ikut parade pelantikan
Sumber :
  • AP Photo/Charles Dharapak

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama masih memendam keinginan mengunjungi Indonesia, yang pernah jadi kampung halamannya semasa kecil.

Saat bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Minggu 27 Juni 2010 di sela pertemuan G20 di Toronto, Kanada, Obama tidak menyampaikan kapan perkiraan dia berkunjung ke Indonesia.

Dia hanya mengatakan, "Saya yakin kami akan ke sana."

PKB Loyo Mau Gulirkan Hak Angket: Prabowo Sudah Keliling Partai

Obama menmabahkan, , Indonesia dan Amerika Serikat punya hubungan yang kuat. Dia akan selalu mencari cara agar hubungan itu makin erat.

Dua tantangan yang dihadapi dua bangsa adalah mendorong isu perubahan iklim dan meningkatkan pendidikan bagi generasi muda.

Dalam pertemuan itu, Obama memerkan kemampuan Bahasa Indonesia-nya pada delegasi Indonesia. "Aksen bahasaku sempurna, tapi kosakata Bahasa Indonesia yang kumiliki sama dengan saat aku berumur 6 tahun," kata dia. seperti dimuat laman AP.


Sudah tiga kali Obama membatalkan kunjungannya ke Indonesia
Pertama, dia diharapkan datang pada November 2009 - bersamaan dengan Konferensi APEC yang berlangsung di Singapura. Namun Obama menginginkan agar kunjungan ditunda hingga awal 2010 untuk menunggu liburan sekolah kedua putrinya.

Kedua, Obama berencana bertandang pada pertengahan Maret 2010. Namun lagi-lagi ditunda karena saat itu Obama tengah gigih memperjuangkan pengesahan undang-undang reformasi kesehatan di Kongres. Jadwal pun diundur menjadi pertengahan Juni.

Yang terakhir, Obama urung mengunjungi Indonesia dan Australia yang dijadwalkan pertengahan Juni, karena masalah pencemaran lingkungan di perairan selatan AS akibat bocornya sumur minyak mentah bawah laut.

Deretan mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta Pusat.

Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

Bagi Anda yang ingin merasakan ketangguhan dan kemewahan Pajero Sport generasi ketiga tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, pasar mobil bekas menawarkan pilihan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024