Airbus 320 Segera Bisa Mendarat di Bandung

Latihan Gabungan Anti Teroris
Sumber :
  • Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Lapisan landasan Bandara Husein Sastranegara akan dipertebal, dari 37 mm menjadi 52 mm agar pesawat berbadan lebar dapat mendarat. Saat ini baru pesawat sejenis Boeing 737 saja yang dapat mendarat di Bandara Husein Sastranegara.

"Rencananya setelah di-overlay pesawat sejenis Airbus 320 dapat mendarat di Husein," ujar Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dicky di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, 28 Juni 2010.

Dicky menjelaskan banyak maskapai asing dan lokal yang siap masuk ke Bandung namun fasilitas Bandara belum memadai.

KPK Ngaku Ada Pihak yang Menghambat Kasus TPPU Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba

Padahal, maskapai seperti Thai Airlines dan Malaysian Airlines telah mengajukan izin membuka penerbangan langsung dari Bangkok dan Kuala Lumpur.

Menurut Dicky, bandara Husein Sastranegara nantinya akan memiliki posisi strategis di Jawa Barat. Masyarakat Jawa Barat tidak perlu lagi ke Bandara Soekarno Hatta untuk berpergian.

Dengan meningkatnya kapasitas Bandara Husein Sastranegara Ia memperkirakan kapasitas penerbangan dapat ditambah dari 10 flight perhari menjadi 19 flight perhari. "Saat ini kapasitas Husein baru 1,2 juta orang per tahun, akan ditingkatkan menjadi 2,5 juta orang,"ujarnya.

Sementara itu terkait rencana tersebut, Komandan Lanud Husein Sastranegara, Kolonel Penerbang Asep Adang Supriyadi akan menggelar latihan antiteror pada Rabu, 30 Juni 2010 esok. Latihan anti teror dilaksanakan untuk mengantisipasi perkembangan bandara dan kota Bandung yang pesat.

Ia menjelaskan dengan akan meningkatnya jumlah penerbangan di bandara Husein maka potensi akan terjadinya serangan teroris terhadap Bandara Husein Sastranegara semakin meningkat.

Latihan antiteror yang akan digelar mempunyai skenario pembajakan pesawat. Pesawat komersial dibajak oleh teroris, lalu sesaat setelah mendarat pasukan khusus detasemen Bravo akan menerobos ke dalam pesawat lalu melumpuhkan para teroris.

"Potensi pembajakan pesawat semakin tinggi sehingga TNI AU harus siap menghadapi ancaman teroris,"ujarnya.

Laporan: Iwan Kurniawan| Bandung

Penanganan Jemaah Haji Sakit di KKHI PPIH Mekkah

ISPA Menjadi Ancaman Utama Bagi Jamaah Haji Indonesia

Penyakit ISPA dan pneumonia masih menjadi penyakit terbanyak yang di temui pada jamaah haji Indonesia selama penyelenggaraan kesehatan haji di Arab Saudi pada Tahun 2023.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024