Diseruduk Babi Hutan, Warga Lebak Meninggal

Lomba tangkap babi di perayaan Hari Tumpek Kandang, Bali
Sumber :
  • Antara/ Nyoman Budhiana

VIVAnews – Rasmi (65) warga Kampung Cilebang, Desa Sukajaya, Kecamatan Sobang, Lebak, Banten, meninggal dunia setelah diseruduk babi hutan di Pasar Sukajaya, Minggu 27 Juni 2010 sekitar pukul 17.00 WIB. Selain itu, 2 warga lainnya masing-masing bernama Sarka (30) dan Nurhasan (45) mengalami luka-luka dan terpaksa dilarikan ke Puskesmas setempat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian itu bermula saat babi hutan yang diduga berasal dari hutan lindung Raronggo Congoh, Desa Sukajaya, turun dan memasuki pemukiman warga hingga sampai ke pasar setempat. Di mana, sejumlah pedagang dan pembeli masuh aktif berkeliaran.

Karena dianggap cukup menganggu, akhirnya babi tersebut dikepung untuk ditangkap. Namun, di sela pengejarannya itu,  sang babi ternyata membabi buta hingga menubruk sejumlah warga, termasuk di antaranya Rasmi, Sarka, dan Nurhasan.

Saat ditubruk, Rasmi yang telah berusia uzur langsung terjungkal dan sempet beberapa kali diinjak-injak oleh babi hingga akhirnya meninggal dunia di tempat kejadian, sementara Sarka dan Nurhasan sempat melarikan diri, meski mengalami luka-luka serius di beberapa bagian tubuhnya hingga harus dilarikan dan dirawat intensif di Puskesmas Sobang.

“Ibu Rasmi mengalami luka serius di tubuh, mata, dan tangannya akibat tubrukan babi yang bertubi-tubi,” kata Saepul Hendrawan, saksi mata yang juga warga setempat, Senin 28 Juni 2010.

Setelah menubruk para korban, lanjut Saepul, babi hutan tersebut akhirnya berhasil ditangkap dan langsung dibunuh oleh warga sekitar. “Babi hutan itu cukup besar, bahkan mungkin sebanding dengan anak kerbau usia 2 tahun,” ungkapnya.

Terpisah, Tatu (27) petugas kesehatan di Puskesmas Sobang mengatakan bahwa kedua korban mendapat perawatan intensif karena mengalami luka cukup serius di bagian tangan dan kakinya. “Namun, keduanya sudah diperbolehkan pulang sore ini,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Lebak AKBP Widoni Fedri membenarkan bila pihaknya telah menerima laporan adanya kejadian tersebut. Bahkan, pihaknya tengah melakukan penyelidikan atas peristiwa tersebut. “Berdasarkan keterangan warga, pasar tersebut tidak jauh dari kawasan hutan,” tutur Widoni seraya mengimbau agar warga terus waspada terhadap kemungkinan serangan hewan buas lainnya.

Laporan: Solihin l Banten

Ria Ricis Ngonten Pakai Siger Sunda, Netizen: Kode Pengen Jadi Manten Lagi
Mantan Ketua KPK, Antasari Azhar

Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi

Mantan Ketua KPK, Antasari Azhar mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024 terpilih.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024