Mau Maju Jadi Depok Pertama, Ini Perjalanan Politik Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep
Sumber :
  • Instagram @kaesangp

Jakarta – Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep menyatakan bahwa dirinya berencana maju dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah atau Pilkada di Kota Depok. Padahal sebelumnya suami Erina Gudono tersebut mengaku tak memiliki minat untuk terjun ke politik seperti ayah dan kakak-kakaknya. Berikut ini perjalanan politik Kaesang Pangarep yang bakal maju Pilkada Depok. 

PDIP Akui Terus Jalin Komunikasi dengan Parpol Lain untuk Pilgub Jakarta 2024

Sempat tak berminat terjun ke politik

Kaesang Pangarep

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq
Namanya di Kantong Megawati untuk Pilgub Jakarta, Risma: Nanti Kalau Sudah Keluar Kantong

Awalnya, Kaesang Pangarep sempat tak berminat untuk terjun ke dunia politik. Hal itu seperti yang disampaikannya saat berbincang bersama Deddy Corbuzier pada tahun 2021 lalu. Akan tetapi, pada awal tahun 2023 ini mengumumkan bahwa dirinya minat untuk mencemplungkan diri ke ranah politik. 

Sudah meminta izin ke keluarga

Siap Maju Pilgub Sumut, Ijeck Ambil Formulir Pendaftaran Gubernur ke PKS

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Photo :
  • Instagram @erinagudono

Dalam pengakuannya di sebuah video yang diunggah di  kanal YouTube Kaesang Pangarep by GK Hebat, keputusannya maju menjadi Depok Pertama tersebut dilakukan setelah mendapat izin dan restu dari keluarganya. 

"Saya Kaesang Pangarep, saya sudah mendapatkan izin dan restu dari keluarga saya, InsyaAllah dengan ini saya siap untuk hadir menjadi Depok Pertama. Mohon dukungannya, merdeka," kata Kaesang

Bakal mulai dari bawah

Kaesang Pangarep

Photo :
  • Tangkapan layar

Pada awal tahun lalu, sang kakak, Gibran Rakabuming sempat memberi bocoran terkait dengan arah politik yang akan dilakukan Kaesang. Menurut Wali Kota Solo tersebut, sang adik bakal maju untuk pencalonan daerah. Langkah politik Kaesang juga dipastikan oleh Gibran akan dimulai dari level bawah.

“Ya tetap dari level bawah mosok langsung presiden?” kata Gibran. 

Didukung PSI

Billboard dukungan PSI kepada Kaesang di Depok

Photo :
  • Istimewa

Niat Kaesang maju Pilkada 2024 juga diketahui mendapatkan dukungan dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Kedekatan PSI dengan Kaesang berawal dari dorongan untuk maju sebagai calon wali kota (walkot) Depok. Bahkan sampai dihadirkan baliho raksasa yang berisi foto Kaesang dengan tagline calon wali kota Depok berlogo PSI. 

Pria berusia 28 tahun itu mengaku didukung oleh PSI, bahkan foto yang terpampang di dalam baliho dikirim oleh dirinya sendiri kepada pihak PSI. 

"Ya (PSI) mendukung. Fotonya juga dari saya. Kemarin saya sudah suplai foto-foto saya. Saya sudah foto, saya kasih semua," kata Kaesang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya