AKBP Achiruddin Hasibuan Jadi Tersangka TPPU

AKBP Achiruddin Hasibuan, Mantan Kabag Binops Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut
Sumber :
  • B.S. Putra (Medan)

Medan - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara mengumumkan status AKBP Achiruddin Hasibuan sebagai tersangka kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Kasus TPPU yang menjerat Achiruddin ditangani penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut.

4 Tersangka Kasus Penganiayaan Taruna STIP hingga Tewas Terancam 15 Tahun Penjara

Penetapan status tersangka Achiruddun dibenarkan Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Pol. Hadi Wahyudi.

"Nah, terkait kasus TPPU-nya juga sudah ditetapkan jadi tersangka," kata Hadi di Mapolda Sumut, Jumat, 23 Juni 2023.

Gugatan Praperadilan Eks Karutan Ditolak, KPK: Dari Awal Kami Sangat Yakin

Hadi mengatakan penetapan tersangka Achiruddin sebagai tersangka TPPU setelah penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut melakukan gelar perkara, pekan lalu. Dari hasil gelar perkara itu, menaikkan status dari penyelidikan ke penyidikan.

Polisi Ungkap Motif Pelaku Pembunuhan Kakek di Garut

"Sudah minggu yang lalu," tutur perwira melati dua itu.

Pun, dia menambahkan, penyidik Direktorat Reskrimsus Polda Sumut masih menunggu petunjuk dari pihak Kejaksaan untuk melimpahkan tersangka Achiruddin. Alasannya, berkas perkara kasus TPPU dan gratifikasi suap, yang melibatkan Achiruddin itu sudah dilimpahkan penyidik pada 12 Juni 2023 lalu.

"Kita masih menunggu petunjuk jaksa, apakah berkas perkara TPPU dan gratifikasi itu dinyatakan lengkap atau masih ada yang harus dilengkapi," ujar Hadi.

Untuk diketahui, penyidik Polda Sumut sudah melimpahkan kasus penganiayaan dan penimbunan bahan bakar minyak (BBM) ilegal. Jaksa sudah menyatakan lengkap atau P-21.

"Ya benar, dua berkas (penganiayaan dan BBM) yang menyeret AKBP AH sudah dinyatakan lengkap," kata Kombes Hadi, Selasa 13 Juni 2023.

AKBP Achiruddin Hasibuan menjalankan sidang kode etik

Photo :
  • VIVA/B.S Putra

Nama Achiruddin mencuat gegara kasus penganiayaan yang terjadi di rumahnya, Jalan Guru Sinumba, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan, Kamis dini hari, 22 Desember 2022. Penganiayaan itu dilakukan putranya, Aditya Hasibuan terhadap mahasiswa bernama Ken Admiral.

Achiruddin pun menyaksikan peristiwa penganiayaan terhadap Ken. Dia terlihat tak coba melerai kelakuan putranya yang menghajar Ken. Video penganiyaan itu viral di media sosial.

Atas peristiwa ini, Aditya Hasibuan dan Achiruddin Hasibuan ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya