Tim SAR Tiba di Lokasi Jatuhnya Pesawat SAM Air, Bersiap Evakuasi Korban

Tim SAR dalam proses evakuasi Pesawat SAM Air di Papua.
Sumber :
  • istimewa/Aman Hasibuan

Papua – Sebanyak 6 orang Tim SAR Gabungan Jayapura, Minggu, 25 Juni 2023, pagi telah berhasil turun ke lokasi jatuhnya pesawat SAM AIR di kampung Wara, Distrik Welarek, Kabupaten Yalimo, pada Jumat, 23 Juni 2023.

Antisipasi Letusan Lebih Besar, 5.000 Korban Erupsi Gunung Ruang Dilarang Tinggalkan Pengungsian

Tim SAR Gabungan akan melakukan evakuasi terhadap 6 korban ke Wamena menggunakan Helikopter Caracal milik TNI AU

"Jadi hari ini Tim SAR Gabungan Jayapura dari Wamena sudah berangkat ke lokasi jatuhnya pesawat. Tim SAR gabungan ini telah berhasil diturunkan ke lokasi menggunakan Helikopter Caracal TNI AU Nomor HT 7201 beserta crew dengan pilot Mayor Pnb Arief Choirudin," kata Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Muhammad Dadan Gunawan, kepada awak media di Base OPS Lanud Silas Papare, Minggu, 25 Juni 2023.

Korban Banjir Bandang Brasil Bertambah Menjadi 83 Orang

Danlanud mengatakan, keenam personil SAR gabungan itu terdiri 3 dari Basarnas dan 3 Kopasgat TNI AU bergerak ke lokasi kejadian pada pukul 08.54 WIT, dan pada pukul 09.20 WIT, berhasil turun di lokasi dengan rapelling dari heli untuk melaksanakan evakuasi.

Danlanud Silas Papare Marsma TNI Muhammad Dadan Gunawan

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan
24 Sniper dan Tim Penyelamat Kopasgat Siap Amankan Tamu KTT WWF 2024 di Bali

Setelah berhasil menurunkan Tim SAR Gabungan, helikopter kembali ke Wamena sambil menunggu informasi dari lokasi kejadian. "Keenam anggota Tim SAR yang berada di lokasi ini sedang melakukan inventarisir untuk evakuasi selanjutnya," ujarnya. 

Setelah tim SAR berhasil mengumpulkan jenazah korban, akan menghungi posko dengan menggunakan alat komunikasi yang telah disiapkan untuk dilakukan penjemputan kembali. 

"Mudah-mudahan satu jam kedepan sudah ada informasi dari tim ini, sehingga evakuasi bisa segera dilakukan ke Wamena," tutur Dadan.  

Ia mengaku, tim di lokasi kejadian sudah melakukan komunikasi dengan posko di Wamena untuk persiapan evakuasi jenazah para korban ke Wamena.

"Jika hari ini di evakuasi dan cuaca mendukung, maka korban akan langsung di kirim ke Jayapura untuk diidentifikasi, dan jika cuaca buruk maka akan di bawah kembali k Wamena," ungkapnya. 
 
Sebelumnya diberitakan, pesawat SAM Air PK-SMW jatuh tengah hutan di pedalaman Poik, Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan, Jumat. Lokasi jatuhnya pesawat ditemukan oleh helikopter milik PT. Intan Angkasa yang terbang dari Wamena sekitar pukul 15.30 WIT.

Lokasi pesawat berada di tengah hutan belantara antara Elelim-Poik dan saat ditemukan masih terlihat asap keluar dari pesawat.

Helikopter tersebut menemukan lokasi sekitar pukul 16.08 WIT dan secara virtual dilaporkan bagian depan hancur, sedangkan bagian belakang sampai tengah masih utuh, kata Marinus Ohoirat.

Pesawat PK SMW yang dipiloti Captain Hari Permadi dan Kopilot Levi Murib dengan membawa empat penumpang mengalami kecelakaan Jumat (23/6) dalam penerbangan dari Elelim-Poik.

Empat penumpang, yaitu Bartolonius, Ebeth, Dormina dan Kilimputni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya