PPIH Sweeping Hotel Jemaah Haji di Mekkah, Pastikan Semuanya Berada di Arafah

Jemaah Haji Indonesia tiba di Arafah
Sumber :
  • MCH 2023 | Lutfi Dwi Pujiastuti

Mekkah – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) melakukan sweeping seluruh hotel yang ditinggali jemaah haji Indonesia di Kota Mekkah, Arab Saudi, pada Senin, 26 Juni 2023, tengah malam hingga Selasa dini hari. 

Menag Yaqut: Haji 2024 Jadi yang Terbaik Sepanjang Kepemimpinan Presiden Jokowi

Sweeping dilakukan di 108 hotel Mekkah untuk memastikan seluruh jemaah haji Indonesia terangkut ke Arafah guna melaksanakan puncak ibadah haji pada hari ini, 9 Zulhijah 1444 Hijriah atau Selasa, 27 Juni 2023.

"Bismillah. Tim sweeping mulai terjun ke hotel, sisir setiap kamar guna memastikan semua jemaah sudah ke Arafah," kata Kabid MCH Khoeron saat dikonfirmasi, Selasa dini hari waktu setempat. 

Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

"Sejauh ini aman. Semua sudah terangkut," imbuhnya 

Jemaah Haji Indonesia berangkat ke Arafah

Photo :
  • MCH 2023 | Lutfi Dwi Pujiastuti
STY Kantongi Rahasia Keganasan Uzbekistan di Piala Asia U-23: Saya Tak Pernah Kalah dari Mereka

Diketahui, jemaah haji saat ini sudah berada di padang Arafah untuk mengikuti prosesi puncak haji, yakni wukuf. Jemaah haji Indonesia sebelumnya bergerak menuju Arafah pada Senin pagi.

Setidaknya 1.470 bus dikerahkan untuk mengangkut jemaah haji Indonesia tersebut, terbagi 21 bus per maktab yang akan melakukan tiga kali putaran untuk penjemputan jemaah dan masing-masing bus sudah disiapkan 47 tempat duduk. 

"Bus akan berputar sebanyak tiga kali untuk mengangkut 3.000 calon haji. Masing-masing bus di satu maktab akan berputar tiga kali," kata Kasi Transportasi Daker Makkah Asep Subhana di Mekkah, Senin.

Berdasarkan Rencana Perjalanan Haji (RPH) yang telah ditetapkan, jemaah akan melaksanakan wukuf di Arafah pada 9 Zulhijah 1444 Hijriah (27 Juni 2023). Wukuf di Arafah merupakan rangkaian haji yang utama dan wajib yang harus dilaksanakan seluruh jemaah haji.

Selanjutnya, jemaah akan diberangkatkan dari Arafah ke Muzdalifah pada 9 Zulhijah malam. Pergerakan rencananya dimulai pada pukul 19.00 WAS dan diharapkan selesai pukul 01.00 WAS pada 10 Zulhijah 1444 H (28 Juni 2023) dini hari. 

Masih di 9 Zulhijah 1444 H, sekitar pukul 23.00 WAS, jemaah haji Indonesia secara bertahap akan diberangkatkan menuju Mina. Jemaah akan tinggal selama beberapa hari di tenda-tenda jemaah Mina untuk melontar jumrah untuk kemudian diberangkatkan kembali ke hotel mereka di Mekkah.

Adapun jumlah jemaah haji Indonesia tahun 2023 yang tiba di Tanah Suci saat ini berjumlah 209.782 jemaah haji reguler atau (99,57% dari kuota yang ada). Dengan komposisi 61.536 jemaah berusia lansia dan 5.791 jemaah disabilitas.

Berdasarkan data terkini (Senin, 26 Juni 2023), jemaah haji yang wafat berjumlah 154 orang. Kepala Bidang Bimbingan Ibadah PPIH Arab Saudi, Suratman mengatakan jemaah haji yang wafat, baik jemaah yang wafat di embarkasi dalam perjalanan ke Arab Saudi ataupun yang wafat sebelum wukuf akan dibadalhajikan oleh 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya