Basarnas Evakuasi 1 Jasad Korban SAM Air, Ungkap Kondisi Pesawat Hangus Terbakar

Pesawat SAM Air jatuh di kawasan hutan Kampung Poik, Kabupaten Yalimo, Papua
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

Jakarta - Tim Basarnas berhasil mengevakusi satu kantong jenazah korban jatuhnya pesawat SAM Air. Hal itu diungkap Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Marsekal Muda (Marsda) TNI Henri Alfiandi.

Sosok Jenderal Kopassus di Balik Operasi 20 Menit Rebut Homeyo dari Tangan OPM

"Saat ini telah terevakuasi satu kantong jenazah ke dari titik pesawat ke area tengah," ujar dia kepada wartawan, Selasa 27 Juni 2023.

Dia mengatakan, satu kantong jenazah lagi dalam proses penarikan dari titik pesawat ke area tengah. Kata Henri, pada pukul 12.10 WIT berdasar informasi dari lapangan bahwa kondisi  pesawat hangus terbakar dan tidak ada tanda-tanda korban yang selamat.

Biar Nyaman dan Hemat, 7 Trik Pilih Maskapai Penerbangan yang Tepat

"Sementara satu kantong jenazah lagi dalam proses penarikan dati titik pesawat ke area tengah," ujarnya.

Basarnas Jayapura turunkan tim tambahan untuk evakuasi korban pesawat SAM AIR

Photo :
  • Dok. Basarnas jayapura
KPU Ungkap Telah Pecat 13 Orang PPD Papua Tengah, Ini Alasannya

Sebelumnya diberitakan, pesawat SAM Air PK-SMW jatuh tengah hutan di pedalaman Poik, Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan, Jumat. Lokasi jatuhnya pesawat ditemukan oleh helikopter milik PT. Intan Angkasa yang terbang dari Wamena sekitar pukul 15.30 WIT.

Lokasi pesawat berada di tengah hutan belantara antara Elelim-Poik dan saat ditemukan masih terlihat asap keluar dari pesawat.

Helikopter tersebut menemukan lokasi sekitar pukul 16.08 WIT dan secara virtual dilaporkan bagian depan hancur, sedangkan bagian belakang sampai tengah masih utuh, kata Marinus Ohoirat.

Pesawat PK SMW yang dipiloti Captain Hari Permadi dan Kopilot Levi Murib dengan membawa empat penumpang mengalami kecelakaan Jumat (23/6) dalam penerbangan dari Elelim-Poik. Empat penumpang, yaitu Bartolonius, Ebeth, Dormina dan Kilimputni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya