BPBD Yogyakarta Sebut 33 Bangunan Rusak Terdampak Gempa Bumi

Bangunan Rumah Rusak Imbas Gempa Bantul DIY
Sumber :
  • TRC BPBD DIY

Yogyakarta – Gempa bumi dengan magnitudo 6,4 yang berpusat 86 km dari di barat daya Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terjadi pada Jumat 30 Juni 2023 sekitar pukul 19.57 WIB.

Membanggakan! Siswa MAN 2 Bantul Sabet 2 Medali Emas di Indonesia International Invention Expo 2024

Plh Kepala Pelaksana BPBD DIY, Danang Syamsurizal, mengatakan gempa bumi itu berdampak pada kerusakan sejumlah bangunan di DIY. Danang membeberkan berdasarkan data yang masuk hingga pukul 21.30 WIB total ada 33 bangunan rusak terdampak gempa bumi.

"Dampak kejadian di Kabupaten Gunungkidul total ada 28 bangunan terdampak gempa yaitu 19 unit rumah rusak, 5 unit bangunan fasilitas pemerintah, 1 tempat ibadah, 1 tempat usaha, 1 fasilitas pendidikan dan 1 kandang ternak," ujar Danang dalam keterangannya.

Gempa Bumi 5,2 Magnitudo Guncang Mataram dan Bali, Warga Lari Keluar: Trauma Gempa 2018

Danang menyampaikan, untuk dampak gempa bumi di Kabupaten Bantul menyebabkan ada 4 bangunan mengalami kerusakan. Bangunan yang rusak ini terdiri dari 3 rumah warga dan 1 fasilitas pendidikan.

"Untuk Kabupaten Kulon Progo total ada 1 bangunan terdampak. Bangunan ini adalah fasilitas kesehatan," ungkap Danang.

Update Korban Tewas Banjir dan Longsor di Luwu jadi 13 Orang, Berikut Daftar Namanya

Danang mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Danang juga meminta agar masyarakat menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Masyarakat diimbau memeriksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," jelas Danang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya