Jembatan Gantung Ambruk, 4 Warga Sintang Jadi Korban

Jembatan Gantung penghubung Dusun Mangka, Desa Bangun, Sepauk, Kabupaten Sintang, Kalbar
Sumber :
  • Dokumentasi Polsek Sepauk

SIntang – Sebanyak empat warga menjadi korban dalam kejadian putusnya Jembatan Gantung penghubung Dusun Mangka, Desa Bangun, Sepauk, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Dari keempat korban tersebut dua di antaranya merupakan warga Desa Bangun Sekayu mengalami luka berat, sedangkan dua lainnya mengalami luka ringan.

Kapolres Sintang AKBP Tommy Ferdian melalui Kapolsek Sepauk Ipda Heru Woldy menjelaskan korban atas nama Tomas Edison mengalami luka berat, retak tulang di lutut kanan.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

"Korban dibawa ke Pontianak untuk melakukan penanganan medis," ungkapnya.

Korban lainnya bernama Hengki juga menderita luka berat karena luka sobek di bagian kaki, yang ditangani medis di Rumah Sakit Umum Daerah Sekadau.

Remaja di Jaksel Sempat Open BO Sebelum Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel

Jembatan Gantung penghubung Dusun Mangka, Desa Bangun, Sepauk, Kabupaten Sintang

Photo :
  • Dokumentasi Polsek Sepauk

Sementara dua orang korban luka ringan yaitu Yasir Arafat warga Desa Nanga Libau mengalami luka ringan yaitu luka gores di bagian kaki kanan, serta warga Desa Bangun Sekayu lainnya bernama Undai yang menderita luka gores di bagian kaki kanan dan tangan kiri.

"Dari hasil pengecekan lapangan 4 orang menjadi korban robohnya jembatan gantung penghubung tersebut. Dua di antaranya luka berat," kata Kapolres Sintang, AKBP Tommy Ferdian melalui Kapolsek Sepauk, Ipda Heru Woldy, Selasa 4 Juli 2023.

"Kejadian putusnya sling Jembatan Gantung Bangun terjadi pada hari Senin tanggal 3 Juli 2023 sekitar pukul 19.00 WIB," jelas Ipda Heru Woldy pada Rabu 5 Juli 2023.

Heru menjelaskan kejadian berawal saat lima warga melintasi jembatan, satu di antara kelima orang tersebut telah sampai dulu di ujung jembatan.

Saat Tomas Edison dan Hengki menyeberang jembatan tepat berada di pertengahan, tiba-tiba jembatan pun roboh sehingga mereka jatuh ke sungai.

"Yasir arafat dan Undai yang masih menunggu untuk menyebrang pun ikut terbawa jembatan ambruk, sehingga keduanya juga ikut jatuh ke sungai beserta motornya," tuturnya.

Lanjut Heru, pada Selasa pagi anggota Polsek Sepauk melakukan pengecekan jembatan gantung yang ambruk hingga mengakibatkan korban jiwa.

Berdasarkan pengamatan di lapangan adapun penyebab robohnya Jembatan Gantung Penghubung Dusun Mangka Desa Bangun sekayu disebabkan oleh kondisi tali sleng jembatan yang kropos.

"Hal tersebut menjadi salah satu faktor penyebab putusnya tali sleng jembatan yang terkait pada tiang pancang jembatan yang membuat jembatan tidak kuat menahan beban," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya