Heboh Jemaah Haji Asal Makassar Borong Emas di Arab, Tiba dari Mekah Tampil Glamor

Jemaah Haji asal Makassar tampil glamor tiba di dari Makkah kenakan emas Ratusan
Sumber :
  • Supriadi Maud/VIVA.

Makassar – Seorang jemaah haji wanita asal Makassar, Sulawesi Selatan, membuat heboh saat tiba di Asrama Haji Sudiang. Jemaah haji itu, terlihat bergaya nyentrik dan glamor dengan mengenakan emas yang terbilang fantastis.

Cek Hotel dan Bus Jemaah di Makkah, Menag Optimistis akan Bisa Beri Layanan Terbaik

Jemaah haji itu bernama Suwarnati Daeng Kanang. Wanita 46 tahun itu mengenakan perhiasannya paling menonjol di antara yang lainnya. Ia mengenakan perhiasan beratnya mencapai 180 gram. 

Tak tanggung-tanggung, Daeng Kanang yang dikenal sebagai pengusaha burger asal Kota Daeng itu mengaku jika dirinya telah mempersiapkan emasnya itu jauh-jauh hari. Termasuk emas 80 gram yang dibawa ke Arab Saudi. Dan 100 gramnya lagi dibeli di Arab Saudi. 

Harus Responsif Layani Jemaah, Kinerja Petugas Haji Dituntut Makin Profesional

"Dari Makassar saya bawa separuh emas sekitar 80 gram dan 100 (gram) saya beli di Arab Saudi. Jadi ini (beli) di Mekkah pakai Real,” kata Suwarnati Daeng Kanang kepada wartawan, Rabu 5 Juli 2023. 

Daeng Kanang menjelaskan, jika dirinya selama di Arab Saudi masih mengenakan pakaian layaknya jemaah haji perempuan pada umumnya.

Geopolitik Global Makin Bergejolak, Wamen BUMN: Menyimpan Emas Paling Aman

Kalung Emas Gigi Hiu di Kapal Titanic

Photo :
  • Istimewa

Kemudian, saat di pesawat, dia lalu berganti pakaian dan mengenakan seluruh perhiasannya yang telah dibeli di Arab Saudi. Mulai dari bagian kedua pergelangan tangan, leher, dan penutup kepala semuanya dipasangi emas. 

"Jadi nanti di pesawat baru saya ganti. Waktu di sana masih pakai pakaian jemaah haji. Pas di pesawat baru saya pakai ini emas," katanya. 

Daeng Kanang juga mengaku bahwa setelah ibadah haji dilaksanakan dia juga mengisi waktunya dengan berbelanja. Termasuk membeli emas. Total uang yang habis dibelanjakan sebanyak Rp 30 juta ditambah lagi transfer dari ATM.

Daeng Kanang mengaku sengaja membeli emas di sana lantaran lebih berkualitas sehingga dia juga membeli cukup banyak emas di sana. Jika ditotalkan, ada sekitar ratusan gram emas yang dikenakan.

“Kalau di sana banyak belanjanya karena ada lewat ATM kan. Ini kami lewat ATM semua. 1,2 juta per gramnya. Kalau uang yang saya pegang sendiri ada Rp30 juta habis,” ujarnya.

Lebih lanjut, Daeng Kanang, mengaku bersyukur karena bisa menunaikan haji setelah 13 tahun menunggu. Apalagi ia sempat dioperasi dua hari sebelum berangkat.

“Alhamdulillah berjalan lancar karena sebelum berangkat saya sudah diuji. Habis operasi, dua hari sebelum berangkat. Pas sampai disana Alhamdulillah berjalan dengan lancar,”katanya.

“Senang banget. Sudah lama dinantikan, 13 tahun. Baru kali ini. Waktu tahun 2020 kan tertunda. Baru kali ini berangkat,” imbuhnya

Seperti diketahui, jika ratusan jemaah haji kloter 1 embarkasi Makassar telah tiba di Asrama Haji Sudiang, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Rabu 3 Juli 2023. Kedatangan mereka disambut langsung oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dan para keluarga jemaah haji.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya