Haikal Hasan Sebut Penyimpangan di Al Zaytun Ada Sejak Lama dan Sengaja Dibiarkan

Ustaz Haikal Hasan menghadiri sidang Habib Bahar bin Smith
Sumber :

Jakarta – Pakar Sejarah Islam Haikal Hasan mengatakan bahwa penyimpangan di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Indramayu sudah terjadi sejak lama. Menurutnya hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan Majelis Ulama Indonesia (MUI) sejak tahun 2002 silam.

Soal Pembubaran Kegiatan Ibadah Berujung Kekerasan di Tangsel, Ini Kata Kemenag

Diakui Haikal Hasan pada 2002 media sosial memang masih belum ramai, sehingga informasi yang didapat masyarakat cukup terbatas. Namun, dia menyorot peran pemerintah yang terkesan membiarkan Al Zaytun setelah ditemui adanya penyimpangan oleh MUI.

Panji Gumilang, Pemeriksaan di Bareskrim Polri

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
6 Tips Kesehatan untuk Para Jemaah Haji Jelang Keberangkatan ke Tanah Suci

“Ini udah lama terjadi, sejak tahun 2002 fatwa MUI telah menyatakan dengan lengkap bahwa ini sesat, terus pemerintah melakukan pembiaran,” ujar Haikal Hasan dalam program Dua Sisi tvOne, seperti dilihat Kamis, 6 Juli 2023.

Haikal menduga pembiaran ini sengaja dilakukan lantaran ada beberapa tokoh yang ‘membeking Pesantren Al Zaytun, kendati demikian dia enggan menyebut siapa tokoh yang dimaksud. 

Kemenag Gerak Cepat Selamatkan Dokumen KUA di Wajo yang Ikut Terdampak Banjir

“Karena kita tahu ada tokoh-tokoh, gausah pakai sembunyi, kan di (media sosial) tokoh-tokoh itu lagi dimunculkan kembali, cuma saya gak menyebut namanya, saya menduga saat itu mereka belum tahu” imbuhnya

Lebih lanjut, Haikal Hasan menyarankan tim investigasi tidak perlu menggali informasi dari awal soal dugaan menyimpang Pesantren Al Zaytun. Dia menyarankan hasil penelitian yang dilakukan MUI pada 21 lalu dapat dilihat kembali, menurutnya dalam penelitian itu sudah jelas.

Kementerian Agama jangan ngumpet, ada penelitian yang sama, kenapa sekarang mesti masuk lagi, lihat lagi (mulai lagi dari awal) kenapa tidak itu saja yang diperdalam kenapa mesti dari awal lagi,” kata dia.

Apabila memerlukan sumber akurat, Haikal Hasan menyarankan tim investigasi menghubungi mantan santri Al Zaytun dan orang-orang yang pernah berada di dalamnya.

“Bagai mana (membuktikannya?) coba tanya itu mantan-mantan satpam, mantan murid, mantan guru yang dikeluarkan 119 orang serentak waktu itu, panggil mereka, tanya mereka apa yang terjadi, bagaimana model sumpahnya,” pungkas Haikal Hasan

Pondok Pesantren Al-Zaytun

Photo :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya