Ponpes Al Zaytun Disebut Berafiliasi dengan NII, BNPT: Kita Tidak Bisa Menghukum Sejarah

Kepala BNPT RI, Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel
Sumber :
  • Antara

Jakarta – Saat ini Pondok Pesantren Al-Zaytun tengah menjadi sorotan. Terlebih ada sosok pimpinannya yakni Panji Gumilang yang menjadi sorotan karena ada dugaan penodaan agama.

Panji Gumilang Gugat Status Tersangka TPPU, Ini Kata Polri

Kemudian, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pun turut membenarkan bahwa ponpes Al Zaytun yang terafiliasi dengan jaringan Negara Islam Indonesia (NII). Namun hal itu tak bisa dipungkiri lantaran itu terjadi di masa lalu dan sudah menjadi bagian dari sejarah.

"Afiliasi itu kan sejarah ya. Kita kan tidak bisa menghukum sejarah. Kalau bapak saya ada masalah, masa saya mau dihukum? Kan kita tidak bisa menghukum sejarah," ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal Rycko Amelza Dahniel kepada wartawan pada Rabu 5 Juli 2023.

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu, Jawa Barat

Photo :
  • Opi Riharjo (Indramayu)

Rycko menjelaskan bahwa sistem Ponpes Al Zaytun yang diterapkan itu menggunakan sistem perangkat hukum yang ada sekarang. Memang, kata Rycko, afiliasi antara NII dengan Ponpes Al-Zaytun ada.

Ajang World Water Forum di Bali, BNPT Ikut Dilibatkan untuk Cegah Terorisme

"Sejarah itu menunjukkan memang mereka (Al-Zaytun) ada afiliasi (dengan NII) pada waktu itu, tapi itu sejarah," kata Rycko.

Kemudian, Rycko menegaskan bahwa jika Ponpes Al-Zaytun masih menerapkan sistem hukum yang ada saat ini tidak akan bermasalah. Pasalnya, negara Indonesia merupakan negara yang demokrasi.

"Selama mereka tidak bertentangan dengan aturan hukum, tidak mengajarkan tentang kekerasan, apalagi melakukan aksi kekerasan, termasuk berhadap hadapan dengan ideologi negara, tentunya tidak ada masalah," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD membongkar fakta baru terkait pondok pesantren (ponpes) Al Zaytun. Menurut dia, ponpes tersebut awalnya dimiliki yayasan dengan paham radikalisme, Negara Islam Indonesia (NII).

"Memang latar belakangnya di situ. Dan, itu ada dokumen yayasannya bahwa dulu yayasannya namanya yayasan NII," kata Mahfud di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Rabu, 5 Juli 2023.

Meski begitu, Mahfud menyebut dugaan paham radikalisme di ponpes tersebut masih didalami Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT). Pemerintah pun masih menunggu laporan pendalaman dari BNPT.

"Biar BNPT mendalami dan kami akan monitor. Karena itu sejarahnya (ponpes Al Zaytun) memang tak bisa disembunyikan. Dulunya muncul dari ide kompartemen wilayah 9 NII," tuturnya.

Lebih lanjut, Mahfud menyebut saat ini kepolisian tengah fokus untuk mengusut unsur pidana di balik Ponpes Al Zaytun, terutama dari sosok pemimpinnya Panji Gumilang.

"Untuk Al Zaytun sekarang ini kita fokus kepada pidana umumnya, bukan pada radikalisme NII-nya, kan yang sekarang muncul dan sedang ditangani," ujarnya.

Terkait itu, ia mengatakan biar BNPT yang melakukan monitor dalam isu Al Zaytun dikaitkan dengan NII.

"Kalau itu (radikalisme) nanti biar BNPT terus mendalami dan kami akan terus monitor NII itu. Karena itu sejarahnya memang tidak bisa disembunyikan. Tapi, sekarang yang sedang ditindak ini salah tindak pidana umum yang melibatkan personal bukan institusi," tutur Mahfud.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya