Begini Strategi Polri Wujudkan Pemilu Damai 2024

Polri dan wartawan menggelar acara Bhayangkara Presisi Seven Soccer Cup 2023
Sumber :
  • dok Polri

Jakarta - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bersama wartawan yang bertugas meliput di Mabes Polri menggelar Seven Soccer Bhayangkara Presisi Cup 2023, dalam rangka perayaan Hari Bhayangkara ke-77. Acara dibuka As SDM Kapolri, Irjen Dedi Prasetyo dan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho pada hari Jumat, 7 Juli 2023.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Dalam sambutannya, As SDM Kapolri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan kegiatan Seven Soccer Bhayangkara Presisi Cup 2023 merupakan kolaborasi antara Divisi Humas, SSDM Polri dan para awak media dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-77.

"Acara kolaborasi antara Polri dan para teman-teman media kita rutin gelar pada tahun sebelumnya," kata Dedi di Mabes Polri.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA

Menurut dia, para wartawan bersama Humas Polri merupakan sahabat yang tak terpisahkan dan saling mendukung satu sama lain. Bahkan, Dedi pernah menjabat sebagai Kepala Divisi Humas Polri ini menyebut peran para wartawan dapat membuat Polri menjadi lebih baik dengan kritikan dan masukannya.

Tak Bakal Usung Anies, Ini Sederet Kader yang Dijagokan PKS di Pigub Jakarta

Sebab, kata dia, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo selalu menekankan bahwa Polri salah satu tugasnya mendengarkan apa yang menjadi keluhan masyarakat. 

“Polri harus mendengarkan masukan kritik maupun apapun namanya dalam rangka perbaikan Polri ke depan, kita harus lebih banyak mendengarkan, membuka diri, tidak membuat sekat-sekat, tidak menutup-nutupi sepanjang semuanya bisa dikomunikasikan dengan baik," jelas dia.

Selanjutnya, Dedi bercerita saat menjabat Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri. Saat itu, kata dia, Indonesia menyelenggarakan pesta demokrasi pemilu 2019. Saat itu, ia melihat polarisasi hingga kampanye hitam terjadi. 

Untuk itu, ia berharap dengan kolaborasi antara Polri dan wartawan guna meminimalisir hal-hal tersebut pada Pemilu 2024. 

"Pesta demokrasi ini adalah pesta seluruh rakyat Indonesia, artinya masyarakat Indonesia bersuka ria menghadapi situasi pemilu. Menghadapi pesta demokrasi jangan lagi diisi dengan hal-hal yang justru memecah belah bangsa," ujarnya.

Sementara Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho menjelaskan media merupakan mitra strategis Polri dalam menjalankan tugas pokok. Tentu, ia berharap hubungan antara Polri dan wartawan akan semakin lebih baik.

"Yang selama ini sudah berjalan dengan baik kita jaga, bahwa kita (Polri) dengan teman media adalah mitra strategis, sahabat dan teman sejati," katanya.

Bahkan, kata dia, kepercayaan Polri yang meningkat tak lepas dari peran teman-teman media yang selalu mendukung dan memberikan kritikan terhadap Polri agar menjadi lebih baik.

"Sampai dengan terakhir kemarin 1 Juli, trust Polri bisa meningkat dari 73,6 menjadi 76,4. Itu semua adalah hasil kerja keras dari kita semua, dari teman media, dan seluruh anggota," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya