Kementerian PUPR Buat Jembatan Bailey Penghubung Lumajang-Malang

Banjir lahar dingin Gunung Semeru rusak jembatan di Kabupaten Lumajang
Sumber :
  • Ist

Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung penanganan darurat bencana banjir di Kabupaten Lumajang dengan mempersiapkan pemasangan Jembatan Bailey sebagai pengganti sementara Jembatan Kali Glidik II yang ambruk diterjang banjir disertai material Gunung Semeru pada Jumat, 7 Juli 2023 kemarin.

Setelah Sebulan, Jenazah Terakhir Korban Runtuhnya Jembatan Baltimore Ditemukan

Jembatan Kali Glidik II berlokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo. Banjir tersebut mengakibatkan akses jalan nasional wilayah selatan Jawa Timur terputus karena jembatan ini sebagai penghubung Kabupaten Malang dengan Kabupaten Lumajang.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali Rakhman Taufik mengatakan, penanganan terhadap Jembatan Kali Glidik II segera dilakukan dengan mempersiapkan Jembatan Bailey

Wanita Muda Asal Jakarta Tewas Misterius di Bawah Jembatan Tunggulmas

"Saat ini telah ditugaskan tim survei untuk melakukan investigasi pilar dan sungai serta menyusun gambar kerja. Jika dimungkinkan secara teknis dan cuaca mendukung, penanganan sementara dilakukan dengan instalasi jembatan Bailey sehingga diharapkan dapat dioperasionalkan akhir Agustus 2023. Perkembangan lebih lanjut akan diinformasikan kemudian," kata Rakhman dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 8 Juli 2023.

Banjir lahar dingin Gunung Semeru terjang Kabupaten Lumajang

Photo :
  • Satpol PP Lumajang
Namanya Masuk Bursa Cagub DKI Jakarta, Menteri Basuki Buka Suara

Rencana pemasangan Jembatan Bailey sebagai pengganti Jembatan Kali Glidik II dilaksanakan dalam 2 tahap, yakni tahap 1 memiliki panjang bentang 30 meter dan tahap 2 dengan bentang panjang 18 meter. 

Pemasangan Jembatan Bailey sendiri dilakukan setelah hasil survei sudah sesuai secara teknis dan cuaca di wilayah hulu maupun hilir Gunung Semeru mendukung seperti kondisi Sungai Kali Glidik sudah surut dan tidak hujan. Uji beban Jembatan Bailey akan dilakukan sebelum dioperasikan untuk masyarakat umum.

"Nantinya perlu pembatasan beban kendaraan maksimum 25 ton, sehingga jenis kendaraan yang dapat melintas kami kira khusus kendaraan kecil, bus kecil, truk 2 sumbu dengan pembatasan muatan, termasuk rekayasa lalu lintas buka tutup karena lebar Jembatan Bailey kurang lebih 4 meter," ucap Rakhman. 

Penanganan longsor juga telah dikerjakan BBPJN Jawa Timur-Bali, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR dengan mengerahkan alat berat untuk pembersihan dan personel tanggap darurat. Material longsor berupa tanah dan batuan menutup permukaan jalan sepanjang 25 meter, sehingga arus lalu lintas tertutup. 

Sebagai informasi, Bupati Lumajang Thoriqul Haq menetapkan masa tanggap darurat selama 14 hari setelah terjadinya bencana banjir lahar dingin Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

"Saya sudah menetapkan tanggap darurat selama 14 hari, saya menugaskan Pak Sekda untuk menunjuk satgas darurat bencana," kata Bupati Thoriq saat meninjau lokasi pengungsian di Balai Desa Jarit, Candipuro, Jum'at, 7 Juli 2023.

Cuaca ekstrim dengan intensitas hujan tinggi selama beberapa hari ini mengakibatkan banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah Lumajang. Bahkan, terjangan keras material lahar dingin Semeru juga mengakibatkan beberapa jembatan mengalami kerusakan hingga terputus total.

Beberapa jembatan yang ada di jalan kabupaten juga terputus juga sudah di inventarisasi untuk dilakukan perbaikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya