90 Ribu Galon Zamzam Tambahan Dikirim ke Tanah Air, Begini Mekanisme Pengambilannya

Air Zamzam
Sumber :
  • MCH 2023/ Romadanyl

JEDDAH – Adanya tambahan air zamzam yang awalnya 5 liter menjadi 10 liter untuk jemaah dan petugas haji menjadi kabar gembira untuk operasional haji 1444 H/ 2023 M. Nantinya para jemaah akan menerima 5 liter air zamzam setibanya di embarkasi dan lima liter selanjutnya akan diterima di kantor wilayah Kementerian Agama kabupaten/ kota. 

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2023 M/1444 H Haryanto mengungkapkan, terkait penambahan 5 liter Zamzam, PPIH sudah mulai mengirimkannya ke tanah air secara bertahap. Saat ini, baru 90 ribu galon yang dikirimkan ke Indonesia.

"Mulai hari ini sudah kita kirim air Zamzam untuk jemaah gelombang satu. Tentunya ini masih kurang dan akan didistribusikan terus hingga nanti jemaah memiliki 10 liter Zamzam per orang," kata Haryanto di Bandara Internasional King Abdul Azis, Jeddah, Kamis, 13 Juli 2023. 

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Air Zamzam

Photo :
  • MCH 2023/ Romadanyl

Air Zamzam tersebut katanya sudah mulai dikirim melalui Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Namun, untuk mekanisme pembagiannya di Tanah Air, akan diserahkan kepada embarkasi masing-masing jemaah. 

Pemeriksaan Rutin, Raja Salman Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

"Tentunya nanti akan diberitahukan kepada jemaah setelah tiba di Tanah Air," ucapnya.

Lalu seperti apa mekanisme pembagiannya? Mengenai hal ini, Haryanto mengatakan jemaah atau perwakilannya harus menunjukkan paspor. Air Zamzam tambahan bisa diambil di kantor wilayah Kemenag kabupaten/kota tempat masing-masing jemaah. Pihaknya pun meminta agar jemaah bersabar menunggu karena proses pendistribusian masih terus berjalan. Haryanto memastikan seluruh jemaah akan mendapatkan 5 liter air zamzam tambahan tersebut.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag, hingga Jumat 14 Juli 2023, jemaah yang sudah pulang ke Tanah Air sebanyak 65.539 dari 173 kloter. Semuanya merupakan jemaah haji gelombang satu yang pulang melalui Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.  

Direktur Bina Haji Kemenag Arsad Hidayat mengungkapkan, pemulangan jemaah haji gelombang pertama dari Bandara Jeddah akan berakhir pada 18 Juli 2023. Selanjutnya pemulangan akan berlangsung di Bandara Madinah, untuk jemaah haji gelombang dua. 

Adapun total jemaah haji reguler 2023 sebanyak 209.782 orang. Mereka terbagi dalam 558 kloter. Sementara jumlah jemaah yang wafat hingga Jumat 14 Juli 2023 pukul 15.45 Waktu Arab Saudi, sudah bertambah lagi menjadi 621 orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya