Alasan Polri Lebih Pilih Pesawat Bekas: Rp1 Triliun Tak Cukup Beli Pesawat Baru

Pesawat baru Polri Boeing 737-800NG, register P-7301
Sumber :
  • flightsim.to

Jakarta – Pesawat Boeing 737 800NG dengan registrasi P-7301 yang dibeli Polri dari sebuah perusahaan Irlandia ternyata bekas. Padahal pembeliannya nyaris Rp1 triliun.

Mantan Anak Buah SYL Sebut Kementan RI Bela-belain Bayar Rp 1 M Buat Sewa Private Jet

"Pesawat terbang Boeing 737 800NG/P-7301 ini adalah pesawat dengan kondisi tidak baru atau bekas yang dibeli dari perushaan yang berkedudukan di Dublin, Irlandia, di mana posisi pesawat tersebut berada di Ostrava Republik Ceko sebesar Rp995,350 miliar," ucap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Polisi Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Jumat 14 Juli 2023.

Pesawat baru jenis Boeing 737 Next Generation milik Polri

Photo :
  • ist
Polri Buru WN Iran Pengirim 'Kado' Berisi 20 Ribu Ekstasi dari Belanda-Belgia

Dia membeberkan, alasan membeli pesawat bekas pabrikan tahun 2019 itu lantaran tambahan anggaran mendesak cuma Rp1 T. Alhasil, Korps Bhayangkara tak membeli pesawat baru buntut anggarannya tidak cukup.

"(Pesawat baru) harganya sangat mahal sehingga alokasi anggaran tidak cukup. Ya saya tidak tau angggaranya, yang jelas anggaran Rp1 triliun untuk beli pesawat baru tidak cukup," katanya.

Pertamina dan Polri Tandatangani Kerja Sama Pengamanan Objek Vital Nasional

Kondisi mendesak guna operasional Polri juga jadi pertimbangan tidak membeli pesawat baru. Dia menyebut untuk membeli pesawat baru butuh waktu lama guna penyesuaian daftar tunggu dari pabrik pembuatan pesawat.

"Jika membeli pesawat baru dibutuhkan waktu produksi untuk pembuatan pesawat baru minimal 2 tahun sejak pemesanan. makanya tadi mendesak, karena mendesak," kata dia lagi.

Sebelumnya diberitakan, viral di media sosial, sebuah video yang menunjukkan pesawat baru milik Polri. Dalam rekaman video tersebut, tertulis burung besi tersebut Boeing 737 800NG dengan registrasi P-7301.

Disebut bahwa harga pesawat itu mencapai Rp1 Triliun. Berikut telah kami rangkum sejumlah fakta-fakta terkait viralnya pesawat baru milik Polri yang telan dana yang fantastis.

Viral di media sosial

Pesawat berwarna putih biru merah bertuliskan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) viral di media sosial. Video tersebut terlihat sedang uji coba lepas landas dari salah satu lapangan udara. Namun belum diketahui secara pasti landasan itu di mana.

Video itu diunggah oleh akun TikTok @gfffgbhf356664234556, dimana pesawat tersebut bertuliskan warna biru Kepolisian Negara Republik Indonesia (Indonesian National Police), kemudian ada logo Polri dan polisi Presisi.

Berdasarkan informasi dari LPSE-Polri, tercatat kode paket 18995044 dengan nama paket Konsultan Jasa Penilai Pengadaan Pesawat Terbang (Fixed Wing) Transportasi Pimpinan dan Angkut Double Engine Type Jet Beserta Peralatan Pendukung dari Tambahan Anggaran Mendesak Polri T.A 2022.

Tanggal pembuatan

Rencana Umum Pengadaan tertulis tanggal pembuatan 5 Oktober 2022, tahap paket saat ini sudah selesai. Kemudian, paket oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dari Satuan Kerja Slog Polri.

Spesifikasi Pesawat Baru Polri

Photo :
  • VIVA

Sementara itu, jenis pengadaan berupa jasa konsultasi Badan Usaha non kontruksi dengan metode pengadaan langsung.

Harga pesawat

Sementara itu, nilai pagu paket Rp1.000.000.000.000. Lalu, nilai HPS Paket sebesar Rp586.163.250, tahun anggaran APBN 2022. 

Jenis kontrak lumsum, dan lokasi pekerjaan di Jl. Bekasi Timur Raya No. 86, Cipinang, Jakarta Timur. Selanjutnya, disebutkan juga syarat kualifikasi dan peserta non tender ada 1 peserta.

Adapun, pemenangnya tertulis KJPP Anas Karim Riva dan rekan dimana alamat kantor di Perkantoran Permata Kebayoran Plaza Blok A-11, Jl. Raya Kebayoran Lama No. 225, Jakarta 12220, Jakarta Selatan. 

Tertulis disitu, harga penawaran Rp586.024.500; harga terkoneksi Rp586.024.500; hasil negosiasi Rp579.198.000. 

Selanjutnya, tercatat lagi paket terkait pengadaan pesawat terbang, dengan nama paket Manajemen Konsultan Jasa Penilai Pengadaan Pesawat Terbang (Fixed Wing) Transportasi Pimpinan dan Angkut Double Engine Type Jet Beserta Peralatan Pendukung dari Tambahan Anggaran Mendesak Polri T.A 2022.

Namun demikian, sampai berita ini dipublikasi belum ada keterangan resmi dari pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Sebab, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Shandi Nugroho tidak merespon ketika dimintai konfirmasinya hingga Selasa, 11 Juli 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya