Fakta-fakta Jenazah Keluar dari Liang Kubur saat Banjir di Padang

Jenazah Keluar Dari Liang Lahat di Padang Akibat Longsor
Sumber :
  • VIVA/ Andri Mardiansyah

Sumatera Barat – Belasan Jenazah keluar dari liang kubur dan berserakan saat banjir melanda Kota Padang, Sumatera Barat. Peristiwa itu terjadi di kawasan pandam perkuburan milik Suku Koto Anau, di bukit kawasan Seberang Padang,

Banjir Bandang Terjang Melawi Kalbar, 700 KK dari 17 Desa Terdampak

Berdasarkan laporan dari Jurnalis TvOne di lokasi pada Sabtu pagi, 15 Juli 2023, keluarga jenazah sudah melakukan pemakaman kembali terhadap jenazah yang berserakan tersebut. Setidaknya, ada 14 Jenazah yang keluar makam dan berserakan di sekitar lokasi tersebut.

Berikut sejumlah fakta mengenai Jenazah yang keluar dari kuburan itu:

Banjir di OKU Sumsel Rendam 10 Kelurahan, 1 Jembatan Gantung Putus dan 1.695 KK Terdampak

1. Jenazah keluar dari kuburan akibat bencana tanah longsor

Hujan deras tengah melanda kota padang saat peristiwa tersebut terjadi.  Derasnya hujan, kemudian membuat lokasi sekitar dilanda tanah longsor. 

Inisiatif untuk Menekan Dampak Pemanasan Global Terus Dilakukan

Bencana tersebut kemudian membuat jenazah yang dikubur keluar ke permukaan. Terlihat jenazah yang berserakan itu masih terbungkus kain kafan.

Ilustrasi Pemakaman Umum

Photo :
  • U-Report

2. Kondisi tanah pemakaman daerah perbukitan

Daerah komplek pemakaman yang terjadi longsor tersebut, merupakan daerah perbukitan. Karena curah hujan yang tinggi membuat tanah di komplek pemakaman tersebut tergerus dan membuat longsor tak terhindarkan. 

3. Ada Jenazah yang masih utuh

Dalam peristiwa tanah longsor di komplek pemakaman itu, setidaknya ada sekitar 14 jenazah yang keluar dari liang kuburnya. 14 jenazah itu berserakan dan masih terbungkus kain kafan.

Dari 14 jenazah tersebut, ada jemazah yang belum lama dikuburkan. Bahkan jenazah tersebut masih utuh.

"Berdasarkan informasi yang kita terima ada pandam perkuburan di Seberang Padang terdampak longsor. Dari foto yang beredar juga tampak ada jenazah yang masih utuh dan terbungkus kain kafan tergeletak," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat, Rumainur, Jumat 14 Juli 2023.

4. Pertama kali terjadi

Peristiwa keluarnya jenazah dari liang kubur ini membuat warga setempat kaget. Berdasarkan informasi yang dihimpun jurnalis tvOne di lokasi, bencana longsor di kawasan pandam perkuburan milik Suku Koto Anau, di bukit kawasan Seberang Padang, Kota Padang, Sumatera Barat pertama kali terjadi.

Ilustrasi kuburan.

Photo :
  • U-Report

Warga juga meminta keluarga jenazah untuk segera membereskan makam tersebut. Sabtu pagi ini, kondisi di pemakaman sudah tak ada lagi jenazah yang berserakan.

Kondisi saat ini, banjir yang terjadi di sejumlah titik di Kota Padang sudah surut. Air sudah mulai surut sekitar pukul 22.00 WIB, dan tak ada lagi hujanyang menyebabkan genangan dan banjir di wilayah sekitar.

Sebagian warga ada yang sudah kemabli ke rumahnya. Namun ada sebagian warga lainnya yang masih mengungsi karena rumah mereka masig kotor akibat sisa banjir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya