15 Hektare Hutan di Gunung Gundil Situbondo Hangus Terbakar

Kebakaran hutan di Gunung Gundil, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jatim.
Sumber :
  • Dokumen BPBD Jatim.

Situbondo – Hutan seluas 15 hektare di Gunung Gundil atau Perbukitan Kendit, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, hangus terbakar pada Selasa, 1 Agustus 2023, malam. Membutuhkan waktu dua jam bagi petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api di sana.

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Jatim Satriyo Nurseno menjelaskan, kebakaran tersebut dilaporkan terjadi sekira pukul 20.00 WIB. Petugas langsung turun ke lokasi dan melakukan upaya pemadaman. Medan yang sulit membuat petugas kesulitan memadamkan si jago merah.

Titik kebakaran berada di perbukitan dan di atas tebing. Selain itu, lanjut Satriyo, juga banyaknya tumbuhan kering dan embusan angin yang kencang membuat api kian liar dan berkobar, merambat dengan cepat dan luas. "Mobil damkar tidak bisa masuk," katanya kepada wartawan, Rabu, 2 Agustus 2023.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Kebakaran hutan di Gunung Gundil, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jatim.

Photo :
  • Dokumen BPBD Jatim

Akibatnya, petugas gabungan hanya bisa melakukan pemadaman dengan cara manual, yakni memutus rerambatan api dengan cara mematahkan ranting kayu dan dipukul-pukulkan. Karena manual, petugas agak kewalahan karena kalah cepat dengan kobaran api yang menjalar.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Satriyo menerangkan, api baru berhasil dipadamkan dua jam kemudian, sekira pukul 23.00 WIB. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun lahan hutan yang terbakar cukup luas, yakni sekira 15 hektare. 

Satriyo belum bisa menjelaskan terkait penyebab kebakaran tersebut. "Masih dalam penyelidikan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya