Ditolak Massa, Rocky Gerung Batal Isi Diskusi di Yogyakarta

Ditolak Massa, Rocky Gerung Batal Isi Diskusi di Yogyakarta.
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi.

Yogyakarta – Akademisi Rocky Gerung gagal menjadi pembicara diskusi di salah satu kafe di kawasan Gamping, Kabupaten Sleman, Rabu 2 Agustus 2023. Gagalnya Rocky Gerung menjadi pembicara ini lantaran ada penolakan dari serombongan massa.

Massa yang menolak kedatangan Rocky Gerung ini membentangkan spanduk bertuliskan 'Yogyakarta Kota Pelajar Bermartabat - MENOLAK ROCKY GERUNG. '(Polri TNI Tangkap & Penjarakan Rocky Gerung) Penghina Simbol Negara, Biang Provokator Bangsa, Penghancur Marwah Negara'

President Jokowi Ensures to Extend Export Permits for Freeport

Ratusan massa ini sempat melontarkan teriakan bernada penolakan atas kehadiran Rocky Gerung. Teriakan ini diantaranya berbunyi, "Kami menolak Rocky Gerung. Tangkap Rocky Gerung."

Rocky Gerung

Photo :
  • YouTube RGTV channel ID
9 Calon Anggota Pansel Capim KPK, 5 dari Unsur Pemerintah dan 4 Masyarakat

Salah satu yang menolak kehadiran Rocky Gerung sebagai pembicara adalah anggota DPR RI dari PDI Perjuangan My Esti Wijayati. Esti menyebut massa yang hadir bukanlah barisan atau simpatisan parpol namun merupakan murni suara dari masyarakat DIY. Esti menilai panitia acara memilih narasumber yang baginya tak beradab dan tidak berbudaya. Pernyataan Esti ini terkait komentar Rocky Gerung kepada Presiden Jokowi (Jokowi)

"Kita sudah tahu bahwa Rocky Gerung yang mau hadir di acara malam ini adalah dia yang sudah menghina Jokowi, Presiden. DIY ini kota yang beradab dan berbudaya," kata Esti.

"Kami tidak membiarkan dia akademisi yang harusnya cerdas, tapi harus dilandasi dengan adab dan budaya yang baik," sambung Esti.

Esti membeberkan dari audiensi dengan panitia akhirnya tercapai kesepakatan jika acara diskusi tetap digelar, namun tanpa Rocky Gerung sebagai pembicara.

"Diskusi silakan berlangsung karena itu hak mereka. Tapi ketika bicara Rocky Gerung, kita menolak. Diskusi tetap jalan, tanpa Rocky Gerung. Panitia sudah menyanggupi," tegas Esti.

Sementara itu, Ketua Panitia acara Bambang Harianto mengatakan diskusi malam ini tetap berjalan, namun tanpa Rocky Gerung sebagai pembicara. Bambang menerangkan sebenarnya Rocky Gerung akan hadir di diskusi tersebut namun tidak bisa masuk ke area diskusi, karena dihadang massa. Rocky Gerung, lanjut Bambang akhirnya memutuskan untuk pulang.

"Pak Rocky tadi sudah mendekati sampai sini, tapi enggak bisa masuk. Dan Rocky mengatakan, 'ya sudah saya pulang'," urai Bambang.

Bambang menambahkan selain Rocky Gerung pembicara lainnya yaitu Saut Situmorang, Andi Sinulingga, dan Habil Marati juga batal dihadirkan. "Mereka satu rombongan dengan Rocky. Dan dari tadi pagi kan mereka sudah buat event di Solo dan Klaten. Malam ini di Yogyakarta," tutup Bambang.

Istana Sebut Nama-nama Anggota Pansel KPK Akan Diumumkan Bulan Ini
Presiden Jokowi di Tambak Budi Daya Ikan Nila Karawang, Jawa Barat

Jokowi: Tilapia Fish Cultivation Has Huge Global Demand

President Joko Widodo (Jokowi) inaugurated the tilapia fish cultivation managed by the Ministry of Maritime Affairs and Fisheries (KKP) in Karawang, West Java, on

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024