Presiden Jokowi Pertimbangkan Hapus Zonasi PPDB

Para Artis Jajal LRT Bareng Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden: Laily Rachev

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku mempertimbangkan untuk menghapus sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Jokowi Ajak Relawan dan Menteri Nobar Semifinal Timnas U-23 di Istana

"Dipertimbangkan (penghapusan zonasi PPDB)," kata Presiden Jokowi ditanyai media di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, Kamis, 10 Agustus 2023. 

Dalam pertimbangan itu, kata Jokowi, dirinya akan mengkaji secara mendalam dan mencari kekurangan serta kelebihan dalam masalah zonasi PPDB ini.

Prabowo Aktif Temani Jokowi, Pakar Politik: Menandakan Transisi Pemindahan Berjalan Mulus

Demonstrasi para orangtua siswa terkait zonasi umur di depan balai kota DKI

Photo :
  • VIVA/Syaefullah

Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani sebelumnya memberikan masukan mengenai polemik sistem zonasi penerimaan peserta didik baru atau PPDB saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana pada Rabu, 9 Agustus 2023.

Prabowo Temani Jokowi Bertemu PM Singapura, Pengamat: Simbol Pelibatan Pemimpin Masa Depan

Sekjen Gerindra itu mengatakan bahwa Jokowi mempertimbangkan untuk menghapus sistem zonasi PPDB tahun depan. Menurut Muzani, persoalan PPDB ini hampir terjadi di semua provinsi.

"Presiden menanggapi bahwa ini memang menjadi catatan bagi pemerintah. Nyatanya memang sungguh luhur, maksudnya mulia, maksud baik dari diselenggarakannya PPDB ini, ternyata belum terjadi. Bahkan terjadi persoalan-persoalan hampir di semua provinsi. Karena itu presiden sedang mempertimbangkan untuk menghapus atau menghentikan kebijakan ini tahun depan. Tapi ini sedang dipertimbangkan," kata Muzani dalam keterangannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya